Karakteristik Burung Jalak Riou dan Perawatannya

Untuk anda para pecinta burung kicau yang hendak mencari tantangan dengan cara menjadikan burung yng belum begitu populer di pasaran ini dijadikan burung jagoan.

Atau Anda hanya sekedar mencari pengganti dari peliharaan burung pekicau yang menurut anda tidak mainstream.

Mungkin burung jalak riou atau burung jalak riorio ini bisa anda jadikan sebagai peliharaan pilihan utama.

Jalak Riou yang disebut juga burung Jalak Rio-rio ini termasuk salah satu jenis burung jalak yang mempunyai warna bulu yang hitam seperti halnya burung Jalak Kerbau.

Akan tetapi memiliki paruh yang memang cukup besar dengan warna kuning gading dan juga memiliki warna bulu yang merah tua pada bagian punggung dan juga pada bagian ekor.

Ada juga beberapa orang yang menyebut burung Jalak rio-rio ini dengan sebutan Jalak Tungkir Merah. Pada istilah asing burung ini telah dikenal dengan nama Grossbeak Starling.

Serta mempunyai nama ilmiah scissostrum dubium. Ini merupakan salah satu dari spesies burung Sturnidae ataupun jalak-jalakan.

Mengenal Burung Jalak Riou

Pada umumnya jenis dari burung jalak rio termasuk dari salah satu dari jenis burung kicau yang telah banyak di pelihara. Tujuannya adalah untuk di jadikan sebagai masteran burung kicau yang lainnya.

Misalnya seperti burung Murai Batu, burung Kacer, Tledekan, Cucak Ijo dan lain sebagainya. suara atau kicauan yang dihasilkan oleh burung jalak rio ini terdengar sangat monoton dan juga berulang – ulang serta juga panjang.

Oleh karena itu, tentunya sangatlah cocok burung ini untuk dijadikan sebagai masteran burung kicau lainnya.

Untuk jenis dari burung Jalak Rio jika kita saksikan atau diperhatikan sekilas hampir serupa dengan burung Jalak Kebo.

Ini disebabkan burung ini memiliki warna bulu pada tubuhnya banyak didominasi oleh warna gelap yaitu warna hitam, sedangkan untuk paruh dan bagian kakinya memiliki warna kuning.

Namun yang membedakan burung jalak jenis ini pada bagian bulu rawis yang ada di atas ekornya dengan warna merah dan bentuk paruhnya juga sedikit besar.

Kelebihan Burung jalak Riou

Burung jalak riou ini punya kelebihan jika dibandingkan dengan burung kicau yang lain. Daya tarik utama dari burung jalak ini adalah suaranya yang terdengar melengking dan ngbrem ataupun suara nembak.

Jalak riou juga dikenal sebagai burung yang bisa gacor dan juga pandai. Sebab burung jalak ini bisa menirukan banyak suara kicauan burung dan juga suara binatang lainnya.

Jadi burung ini bisa mempunyai suara yang unik, tergantung anda yang melatihnya. Atau tergantung dengan suara disekelilingnya yang sering didengar.

Habitat Jalak Riou

Habitat burung jalak ini memang tidak jauh berbeda dengan burung jalak yang lainnya.

Antara lain yaitu, menyukai tempat seperti lembah, tempat-tempat yang terbuka dan juga tempat yang dekat dengan pemukiman.

Burung jalak ini sering sekali terlihat membuat sarang yang ada di batang pohon yang telah mati seperti yang dilakukan oleh burung pelatuk.

Burung ini banyak sekali dijumpai pada bagian timur Indonesia. Misalnya seperti di Pulau Sulawesi.

Untuk hasil tangkapan dari Pulau Sulawesi seringkali dibawa ke beberapa pulau yang lainnya. Misalnya seperti di Pulau Jawa dan Pulau Kalimantan.

Jalak Rio-rio gemar menempati wilayah tepian dari hutan yang pepohonannya tidak terlalu lebat. Selain itu juga suka di hutan rawa yang memiliki ketinggian hingga 1.100 meter dari permukaan laut.

Cara Membedakan Jenis Kelamin Burung

Untuk membedakan antara burung jantan dan betina burung ini yaitu salah satunya anda dapat di lihat pada bagian warna rawisnya yang ada di atas ekor.

Yang mana burung betina mempunyai rawis dengan warna sedikit kuning. Oleh sebab itu bagi anda pecinta burung yang ingin memelihara burung jalak rio lebih baiknya anda terlebih dahulu harus mengetahui proses perawatannya setiap hari.

Agar bisa menjadi cepat gacor. Karena jika sudah gacor harganya bisa berlipat ganda dari pada yang belum gacor.

Karakteristik Jalak Riou

Untuk jenis burung jallak ini banyak diketahui berada di Kepulauan Banggai, Kepulauan Lembeh, Pulau Togean dan Pulau Bangka di Sulawesi ini mempunyai beberapa ciri-ciri yang sering dipakai untuk mengenali burung jalak tersebut.

Antara lain adalah ukuran ataupun panjang tubuh burung ini yang telah dewasa kurang lebih 20 cm. Burung ini punya bulu yang didominasi warna gelap sampai warna hitam.

Pada bagian tungkir atau bagian pantat dan ekor burung ini punya bulu berwarna merah gelap. Jalak Rio-rio termasuk pada spesies Scissirostrum dubium maupun dalam literatur perburungan internasional yang disebut menjadi grosbeak starling.

Pada burung ini punya gaya kicauan yang sangat khas. Pada saat berkicau, sering menggeleng-gelengkan kepalanya. Paruhnya juga tebal, berwarna jingga sedikit pucat.

Untuk ukurannya lebih besar daripada spesies jalak yang lainnya. Rio-rio termasuk salah satu burung yang cepat dan juga pintar dalam menirukan suara burung yang lain.

Dan burung ini hidup dengan cara berkelompok (koloni) pada jumlah yang besar, bahkan sampai dengan 150 ekor pada setiap kelompoknya.

Perawatan Harian Jalak Rio

Seperti halnya burung dari keluarga jalak-jalakan yang lainnya. Perawatan harian burung jalak rio memang cukup mudah. Secara umum jalak rio merupakan pemakan buah-buahan dan juga termasuk pemakan serangga.

Di dalam membuatnya rajin berbunyi, anda hanya cukup menyediakan buah-buahan yang memang disukainya. Seperti halnya buah pisang ataupun buah pepaya.

Selain buah berikan juga pakan tambahannya yang lainnya, misalnya seperti jangkrik dan juga ulat hongkong. Perlu anda tau juga jika jalak rio sebetulnya sangat senang mandi.

Jadi jika memasukkan cepuk minuman dengan ukuran besar maka tidak selang waktu lama burung akan segera mandi sehingga air minumnya jadi keruh.

Memandikan bisa dilakukan dengan cara memakai sprayer ataupun karamba mandinya.

Setelah mandi, jangan lupa burung diangin-anginkan sebentar kemudian dijemur di bawah sinar matahari selama 1 hingga 2 jam.

Makanan Jalak Riou

Burung ini begitu menyukai biji-bijian, serangga, dan juga buah-buahan. Seorang peternak burung ini biasanya memberikan burung ini makanan pokok berupa voer.

Akan tetapi juga memberikan makanan ekstra berupa jangkrik ataupun kroto dan juga buah-buahan seperti buah pisang dan buah pepaya.

Apabila Anda punya burung jalak Rio-Rio yang masih anakan, petama kali yang harus lakukan adalah mengenalkannya dengan pakan buatan yang berupa voer.

Pasti akan repot bila mengandalkan buah-buahan di setiap harinya. Karena burung ini rakus sekali. Mungkin dalam satu hari saja bisa menghabiskan banyak sekali buah buahan.

Berilah perawatan yang sebaik mungkin agar burung jalak riou menjadi gacor dan sehat.

Demikian ulasan mengenai karakteristik burung Jalak Riou dan cara perawatanya. Semoga bisa bermanfaat bagi anda yang membacanya.

Dan semoga bisa menambah pengetahuan anda mengenai burung jalak riou ini.

Tinggalkan Komentar