Keunggulan Burung Jalak Rio Jantan dan Cara Perawatannya

Burung jalak Rio, jika dilihat sekilas tampak seperti halnya burung yang dari jenis finch. Sebab paruhnya yang mempunyai ukuran besar dan menyerupai jenis burung dari keluarga finch.

Burung jalak Rio ternyata justru termasuk burung dari keluarga burung Jalak-jalakan. Pada umumnya burung ini juga disebut juga burung Jalak rio.

Burung Jalak rio ini mempunyai nama Inggris Finch billed myna. Yang mana mempunyai nama finch sebab bahwa burung ini punya bentuk paruh yang menyerupai paruh dari burung finch.

Burung Jalak Rio Jantan
Burung Jalak Rio Jantan

Burung yang asalnya dari Sulawesi ini, pada umumnya dipelihara hanya untuk dijadikan kesenangan di rumah-rumah untuk dinikmati suara oleh pemeliharanyan.

Tidak hanya sebagai peliharaan di rumah saja. Akan tetapi burung Jalak rio ini juga ada orang yang memanfaatkan burung jalak rio ini sebagai burung masteran.

Terutama yang sering digunakan untuk masteran adalah burung jalak rio jantan.

Penyebaran Burung Jalak Rio

Burung Jalak rio-rio memang disebutkan berasal dari Pulau Sulawesi.

Akan tetapi burung yang mempunyai warna abu-abu tua dengan paruh yang mempunyai warna jingga pucat ini juga dapat anda jumpai di Pulau Bangka, Lembeh, Togean, Butung dan juga bisa anda jumpai di kepulauan Banggai.

Habitat aslinya antara lain adalah sebagai berikut :

  • Pulau Butung (Sulawesi Tenggara)
  • Kepulauan Togean (Kabupaten Tojo Una-Una, Sulawesi Tengah)
  • Pulau Bangka (Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara).
  • Kepulauan Banggai (Kabupaten Kepulauan Banggai, Sulawesi Tengah)
  • Pulau Lembeh (secara administratif masuk Kota Bitung, Sulawesi Utara)

Pada habitat aslinya, pada umumnya Jalak Rio hidup pada kelompok-kelompok kecil dan juga kelompok besar sampai dengan 140 ekor untuk setiap kelompoknya.

Menempati hutan dengan keadaan lingkungan yang tidak banyak ditumbuhi oleh pepohonan dalam ketinggian 1100 meter di atas permukaan laut.

Dan pada umumnya burung Jalak Rio terbiasa mencari makan yang merupakan buah-buahan, biji bijian dan juga makanan yang berupa serangga di habitatnya tersebut.

Keistimewaan dari Burung Jalak Rio Jantan

Para pecinta burung kicauan, khususnya burung dari keluarga jalak jalakan tentunya sudah tau jika burung jalak rio ini biasanya dipelihara dengan tujuannya tidak hanya dijadikan untuk peliharaan saja.

Namun, burung ini juga dipakai sebagai burung masteran. Biasanya yang dipakai untuk masteran adalah burung jalak rio jantan.

Burung dari keluarga jalak jalakan dengan nama burung jalak rio ini juga sudah dikenal sangat mudah dalam adaptasi dengan lingkungan dan juga mudah dalam berubah menjadi yang lebih jinak lagi.

Tidak hanya itu saja keistimewaan dari burung jalak rio, suara dari burung jalak rio jantan ini yang terdengar sangat melengking dan juga mirip dengan tembakan cililin.

Dan tentunya akan menggoda para pecinta burung kicauan serta pastinya banyak yang ingin memeliharanya sebagai burung masteran jenis burung kicauan lainnya.

Sedangkan untuk keistimewaan dari burung jalak rio selain itu antara lain yaitu gaya dari berkicaunya yang jelas terdengar dengan begitu khas.

Apalagi apabila anda memelihara burung jalak rio ini 2 ekor atau bisa lebih di tempat tinggal anda.

Dan pada saat burung jalak rio jantan ini berjumpa dengan teman dari burung sejenisnya ataupun bertemu dengan pasangannya.

Burung jalak rio jantan akan langsung mengangkat kepalanya dan juga akan mengangkat pada bagian ekornya ke atas. Mungkin ini bertujuan untuk menarik perhatian dari burung jalak lawan jenisnya.

Melatih Burung Jalak Rio Agar Gacor

Menjadikan burung jalak rio menjadi lebih rajin bunyi merupakan keinginan dari semua pemelihara burung kicauan terutama burung jalak ini.

Banyak juga persyaratan yang memang harus anda lakukan oleh para pemilik burung yang masih dalam umur anakan supaya burung jalak rio menjadi semakin berbunyi dengan gacor.

Yang harus anda lakukan di setiap harinya seperti halnya menjaga kebersihan pada sangkarnya. Anda juga harus memeriksa dan juga mengganti air minum yang keadaannya sudah keruh dan juga kotor.

Jangan lupa untuk rutin memberikan makanan tambhan berupa jangkrik, ulat hongkong dan lain lain. Dan juga harus rutin mandi dan kemudian dijemur.

Jangan lupa memberikan multivitamin dan juga multimineral yang sesuai diberikan untuk burung kicauan terutama burung jalak rio.

Dan apabila hal-hal itu anda sering melakukannya dengan tepat, maka keadaan burung jalak peliharaan anda akan menjadi semakin fit dan keadaanya juga akan menjadi lebih sehat dan segar.

Sehingga burung jalak peliharaan anda akan menjadi lebih mudah dijinakkan serta dilatih untuk berkicau dengan gacornya.

Anda bisa membuat burung jalak rio jantan menjadi gacor dengan vcara yang mudah dsn bisa anda coba setipa harinya.

Misalnya dengan cara memperdengarkan suara burung yang dari sejenis atau dari burung lain jenis melalui suara dari mp3 supaya burung jalak rio dapat menirukan suara burung lain jenis itu.

Atau anda bisa melakukannya dengan cara dipertemukan dengan burung jalak yang memang sejenisnya.

Cara Membedakan Burung Jalak Rio Jantan dan Betina

Cara yang bisa anda coba dengan mudah untuk membedakan jenis kelamin burung jalak rio jantan dan yang jenis kelaminnya betina yaitu dengan melihat pada bagian tunggir.

Terutama pada bagian warna bulu pada bagian tunggir atau bagian tungging, atau biasanya juga sering dikenal dengan sebutan dengan bagian pantat.

Warna bulu yang dilihat yang letaknya berbatasan dengan pangkal bulu bagian ekor.

Tunggir atau bagian pantat dengan bulu yang berwarna merah ini menandakan jika burung jalak rio ini punya jenis kelamin jantan.

Sedangkan untuk yang bagian tunggirnya yang punya warna oranye sedikit kemerahan itu menandakan apabila burung jalak rio ini dengan jenis kelamin betina.

Jenis burung ini sama seperti halnya pada keluarga burung jalak-jalakan yang lainnya. Untuk burung jalak rio-rio jantan ataupun yang betina sama-sama bisa berkicau, bahkan bisa berbunyi dengan bervariasi dan gacor.

Perawatan Harian Jalak Rio

Sama seperti dengan burung yang jenisya dari keluarga jalak-jalakan yang lainnya. Perawatan untuk sehari-hari burung jalak rio memanglah cukup mudah dilakukan.

Secara umum burung jalak rio ini termasuk burung pemakan buah-buahan dan juga merupakan burung pemakan serangga.

Perawatan agar jalak rio rajin berbunyi, anda hanya cukup denganmenyediakan buah-buahan yang memang disukai jalak. Seperti halnya buah pepaya ataupun buah pisang.

Selain memberikan buah berikan juga pakan tambahannya burung yang lainnya, misalnya seperti serrangga jangkrik dan juga ulat hongkong.

Jangkrik merupakan makanan burung, sekarang juga telah banyak tersedia dengan bentuk jangkrik bubuk yang ada dalam kemasan.

Akan tetapi apabila ingin menggunakan jangkrik yang masih segar, Anda harus membuang kaki dan kepalanya terlebih dahulu.

Apabila tertelan, kaki jangkrik bisa merusak pita suara dari burung jalak putih. Hal ini tentu saja akan mengganggu keahliannya dalam berkicaunya.

Sedangkan untuk kepala jangkrik juga tidak dibutuhkan. Sebab kandungan gizi terbesarnya hanya ada dalam bagian tubuhnya saja.

Tinggalkan Komentar