Tips Mudah Membedakan Burung Jalak Putih Jantan dan Betina

Burung Jalak Putih ialah burung yang tampilannya cantik. Sebab punya warna bulu yang putih bersih serta dibalut dengan warna hitam pada sekitar sayap dan ekornya.

Jadi kelihatan begitu indah dan juga lucu. Jalak Putih termasuk pada spesies jalak yang banyak dijumpai di Indonesia. Untuk populasinya menyebar di pulau Jawa, Kalimantan, Sumatera.

Burung Jalak Putih Jantan
Burung Jalak Putih Jantan

Burung ini serupa dengan Jalak Bali yang merupakan satwa dilindungi. Perbedaannya hanya warna biru pada sekitar matanya serta jambul yang menjadi ciri khas jalak bali. Burung jalak putih ini termasuk burung yang langka dan sudah jarang ditemui.

Perbedaan Burung Jalak Putih Jantan dan Betina

Guna membedakan ataupun mengetahui dari ciri ciri antara burung jalak putih jantan dan betina memang sangat sulit untuk dibedakan.

Hanya saja, jika kita perhatikan dengan cara sungguh sungguh, maka ada perbedaan pada burung jalak putih jantan lebih besar ukuran kepalanya dan juga volume suaranya juga lebih keras.

Selain itu burung jalak putih jantan lebih rajin berkicau. Lalu untuk burung betina punya ukuran kepala lebih kecil. Volume suaranya juga lebih terdengar pelan, dan kebanyakan tidak sering berkicau.

Pada masalah kicauan, burung jalak ini dapat juga menirukan suara burung jenis lainnya. Dan bahkan menirukan suara binatang seperti halnya kucing, anjing.

Apabila sering kita latih burung jalak putih jantan terutama akan dapat menirukan kosa kata ataupun dapat bicara seperti halnya burung beo. Meskipun dari segi kepintarannya masih lebih pintar burung beo.

Perawatan Burung Jalak Putih

Dianjurkan untuk memilih burung jalak putih jantan sebab sudah dikenal dapat menghasilkan suara yang lebih indah jika dibandingkan jalak putih betinanya.

Mandikanlah burung jalak putih pada setiap pagi hari. Kurang lebih sekitar pukul 07.00 sampai dengan pukul 08.00 dengan memakai sprayer.

Campurkanlah shampo yang khusus untuk burung secukupnya di dalam air sprayer yang tujuannya adalah untuk membuat bulu jalak putih menjadi tetap lembut dan juga halus.

Selain itu untuk mencegah sekalian membasmi kutu dan juga kuman. Anda jangan mandikan jalak putih pada saat hari sedang hujan sebab bisa menyebabkannya jatuh sakit.

Apabila cuaca sedang cerah, sesudah burung jalak putih dimandikan, anda bisa melakukan penjemuran kurang lebih selama 1 jam.

Apabila saat itu kondisi matahari kurang begitu cerah, boleh dilakukan penjemuran diatas 1 jam, akan tetapi tidak dianjurkan lebih dari 2 jam.

Sesudah jalak putih selesai dijemur selanjutnya diangin-anginkan pada tempat yang teduh agar badannya cepat kering. Disarankan untuk selalu memberikan tambahan vitamin supaya terpenuhi asupan vitaminnya.

Berikanlah makanan tambahan seperti halnya 3-5 ekor jangkrik pada tiap pagi. Berikan 2 sampai 3 ekor jangkrik pada tiap sore harinya. Ditambahkan kurang lebih ½ hingga 1 sendok teh ulat hongkong seminggu sebanyak 2-3 kali.

Pemberian pisang kepok atau buah pepaya yang telah diolesi madu juga harus dilakukan sebagai asupan makanan jalak putih yang lebih bervariasi.

Lakukanlah penguasaan suara pada burung jalak putih. Dapat burung lewat yang telah merdu suaranya yang selanjutnya akan memengaruhi suara pada burung jalak putih.

Atau dengan memakai media elektronik, seperti halnya suara dari MP3 serta radio. Hal ini bisa Anda lakukan saat pagi hari, tepatnya setelah waktu subuh kurang lebih pukul 05.00 sampai dengan pukul 07.00 serta sore harinya kurang ini pukul 17.00 sampai pukul 18.30.

Supaya bisa memberikan kenyamanan untuk burung jalak putih, dianjurkan tempatkan burung jalak putih pada sangkar yang berukuran lumayan besar.

Agar burung bisa terbang dengan bebas dan terhindar dari stres. Anda juga dapat menambahkan beberapa pohon yang kecil ataupun ranting-ranting pepohonan di dalam sangkar guna memberikan kesan seperti saat di alam liar.

Anda harus memberikan tempat air minum dan juga tempat mandi yang khusus untuk jalak putih kesayangan Anda.

Tips Menjodohkan Burung Jalak Putih Jantan dan Betina

Sedangkan untuk tips sederhana menjodohkan burung jalak putih jantan dan betina, yaitu sewaktu burung jalak putih jantan yang berumur 1,5 sampai dengan 2 tahun.

Sedangkan jalak putih betina telah berumur 1 tahun, satu pasang burung ini dapat dikatakan sudah siap guna dikawinkan.

Proses selanjutnya dimulai dengan cara mendekatkan sangkar burung punya burung betina dan jantan. Jadi mereka bisa terlebih dahulu mengenal satu dengan yang lainnya.

Sesudah sepasang burung ini terlihat cocok serta saling menyukai satu dengan yang lain. Berikutnya jalak putih betina akan dimasukkan pada pada sangkar baru sambil tetap didekatkan di sangkar burung jalak putih jantan.

Sesudah jalak putih betina biasa dengan sangkarnya yang baru. Burung jalak putih jantan pun telah siap disatukan pada sangkar yang sama dengan burung jalak putih betina yang sebelumnya sudah dikenalkan.

Makanan Jalak Putih

Salah satu langkah yang dapat Anda lakukan supaya burung jalak putih semakin sehat serta aktif yaitu melalui pemberian makanan yang mengandung nutrisi.

Berikut ini adalah beberapa menu yang dapat Anda berikan supaya burung jalak putih Anda menjadi semakin lincah dan gacor.

Voer

pada waktu burung sedang di habitat aslinya, burung jalak putih memang hanya memakan makanan langsung dari alam. Akan tetapi mengingat lebih berkurangnya jumlah makanan yang ada di alam.

Anda dapat memperoleh nutrisi makanan pengganti dengan semakin mudah melalui pemberian pakan voer. Voer untuk burung ada kandungan banyak nutrisi.

Misalnya seperti karbohidrat, protein, vitamin, mineral, dan juga kandungan lemak. Guna memenuhi kebutuhan energi setiap hariannya.

Guna memilih voer yang pas, Anda dapat memperhatikan informasi yang tercantum pada kemasan. Voer yang kualitasnya bagus tidak terdapat kandungan bahan-bahan berbahaya.

Misalnya seperti pengawet dan juga pewarna. Dan selalu menyertakan informasi dari kandungan gizi.

Buah-buahan

Berbagai macam jenis buah segar memang baik bagi kesehatan. Tak hanya untuk manusia saja, namun juga untuk jenis burung kicauan, seperti halnya burung jalak putih.

Buah segar terdapat kandungan cukup banyak vitamin yang bermanfaat bagi metabolisme tubuh burung jalak putih. Tujuannya supaya tidak mudah sakit jadi dapat selalu aktif berkicau.

Beberapa jenis buah yang dapat Anda berikan pada burung antara lain buah pepaya, pisang, buah apel, dan buah pir.

Kroto

Apabila Anda mendengar suara kicau yang sangat nyaring dari lomba kicau burung. Mungkin bisa rahasianya terdapat pada pemberian menu makanan yang ini.

Kroto memang telah dikenal oleh para pencinta burung menjadi menu andalan yang dapat menjadikan para burung agar lebih gacor.

Kandungan protein yang terdapat cukup tinggi dalam kroto bisa menjadikan jalak putih menjadi semakin berstamina.

Jadi, membuatnya lebih aktif serta mampu berkicau dengan suara yang volumenya lebih keras.

Pemberian kroto menjadi menu makanan jalak putih dianjurkan dengan takaran yang tak berlebihan. Karena, apabila diberikan terlalu banyak, burung merasa kekenyangan serta malas berkicau.

Selain itu, pastikan juga jika kroto yang Anda berikan masih segar keadaannya. Kroto yang telah basi bisa membahayakan bagi kesehatan burung jalak putih.

Jangkrik

Untuk menu makanan yang begitu populer untuk burung jalak putih yaitu jangkrik. Terdapat kandungan protein, lemak, dan juga asam amino yang lumayan tinggi.

Serangga jangkrik sering dipakai sebagai nutrisi yang bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan dalam berkicau. Ini membuat jalak putih semakin bertenaga, dan tidak gampang lelah.

 

Tinggalkan Komentar