Cara Perawatan Burung Jalak Nias Supaya Cepat Gacor

Tahukah anda jika burung dari keluarga jalak-jalakan sebetulnya banyak digemari oleh pecinta burung kicauan. Sebab burung ini begitu pintar serta cepat sekali dalam menirukan suara burung lain.

Selain itu, banyak dari spesies burung jalak juga mempunyai kemampuan menirukan suara manusia seperti halnay burung jalak nias.

Persebaran burung yang sampai hingga ke dataran eropa bahkan afrika ini telah menjadi pilihan tersendiri untuk penggemarnya.

Ada sebagian orang mengira kalau burung jalak nias ini asalnya dari daerah yang sama dengan nama burungnya.

Burung Jalak Nias
Burung Jalak Nias

Walaupun tidak menyalahkan, namun kebanyakan burung ini ditangkar di luar negeri. Persebaran dari burung jalak nias ini melimpah.

Akan tetapi masih sedikit sekali yang ingin menangkarnya. Padahal jika dilihat dari harga jalak nias memang cukup tinggi dan sebenarnya ini merupakan peluang yang besar.

Burung yang populer punya kecerdasan di atas rata-rata jenis burung lain. Jalak nias juga pintar menirukan bermacam suara burung dan juga suara manusia ini mengakibatkan banyak diperjual-belikan di negara Indonesia.

Jalak Nias dengan nama ilmiah achridotheres tristris ini sebetulnya masih terdapat di bawah Beo di dalam hal keahlian berbicaranya.

Akan tetapi, burung ini jika terus dilatih maka akan dapat menirukan kalimat-kalimat ataupun ucapan-ucapan pendek yang didengarnya dari manusia.

Cara merawat burung Jalak Nias supaya cepat gacor dan bisa menirukan manusia juga mudah dilakukan untuk anda yang ingin memeliharanya.

Ciri-ciri Burung Jalak Nias

Burung Jalak Nias punya beberapa ciri-ciri yang umum antara lain adalah mempunyai dominasi bulu dengan warna coklat hampir di sekujur tubuhnya.

Meskipun begitu, beberapa bagian tubuh yang lainnya terdapat juga yang punya warna hitam, putih, dan juga kuning gading.

Pada bagian paru serta kulit mata tanpa bulu dengan warna kuning gading, begitu pula dengan bagian kaki-kakinya.

Lalu untuk bagian kepala sampai dengan bagian tenggorokan burung ini didominasi dengan warna hitam agak keabu-abuan.

Warna hitam juga dapat kita jumpai di bagian tubuhnya yang lain seperti pada bagian ujung sayap serta ekor.

Warna perut dan juga pantat kemudian di bawah ekor kebanyakan didominasi dengan warna putih. Panjang tubuh burung jalak nias untuk jantan sekitaran kurang lebih 23 sampai 25 cm.

Asal dan Habitat Jalak Nias

Burung Jalak nias ini banyak dijumpai di Asia Tenggara seperti di negara Indonesia. Selain itu, sesungguhnya burung ini juga bisa dijumpai di beberapa tempat yang lain.

Misalnya seperti, dataran Afrika dan juga Eropa. Burung ini kerap ditemui mencari makan di pohon-pohon yang besar serta di perkampungan.

Tak jarang bila burung ini terlihat mencari makan berupa biji-bijian dan juga memakan buah-buahan.

Cara Membedakan Jalak Nias jantan Dan Betina

Untuk anda yang berkehendak untuk memelihara burung jalak nias, pastinya telah mengetahui perbedaan dari masing-masing jenis kelaminnya.

Pada burung jalak nias jantan banyak yang mengungkapkan jika suara gacornya lebih lantang serta lebih variasinya dengan begitu beragam.

Sedangkan untuk ciri betina pada suara, cenderung lebih halus dengan sedikit variasi. Dan bahkan sampai ada yang punya suara monoton.

Dari beberapa pendapat tersebut, masih terdapat beberapa aspek-aspek yang dapat dipakai untuk membedakan antara dua jenis kelamin dari unggas burung jalak nias ini.

Jalak nias jantan ciri cirinya adalah kepala terlihat sedikit pipih berbentuk persegi serta ada sedikit jambul. Suaranya lebih bervariasi jika dibandingkan dengan burung jenis betina.

Pada waktu berkicau akan mengangguk-anggukan kepala serta jambulnya terlihat sedikit mengembang. Warna bulu di sekujur tubuh tampak dengan mengkilap.

Sedangkan untuk yang betina bentuk kepala cenderung lebih lonjong membundar. Suara kicauannya cenderung monoton atau tanpa ada banyak variasi seperti yang jantan.

Pada umumnya tidak sering mengangguk-anggukan kepala serta jambul tidak mengembang. Burung betina punya buluh tubuh yang cenderung tampak agak kusam.

Perawatan Burung Jalak Nias Supaya Cepat Gacor

Ternak burung jalak nias, perawatannya memang tidak berbeda jauh seperti merawat jenis burung kicau lainnya.

Akan tetapi untuk jenis burung jalak nias terkadang lebih sulit untuk membedakan jenis kelaminnya. Akan tetapi, menurut yang sudah berpengalaman, burung jalak nias betina tidak mengepakan jambulnya saat berkicau.

Pada warna bulu, burung jantan warnanya lebih berkarakter serta tegas dengan kuku panjang yang terdapat di jari-jarinya.

Cara perawatan harian burung jalak nias yaitu dengan pemberian pakan yang teratur. Serta mengganti air minum dengan rutin.

Burung jalak nias mau makanan apa saja sebab sifat omnivoranya. Jadi jangkrik, udang atau biji-bijian burung ini tetap suka memakannya.

Jalak nias punya sifatnya yang gemar mandi, maka sediakanlah tempat khusus supaya burung jalak nias bisa mandi dengan puas.

Sebagai burung yang juga pemakan serangga, burung jalak nias lebih menyukai diberi jangkrik ataupun belalang sebanyak 3-4 ekor tiap harinya.

Multivitamin juga sangat penting untuk proses perkembangan hidup burung ini, jadi berikan 2 hingga 3 hari sekali.

Jagalah Kebersihan Kandang Burung

Burung Jalak Nias Supaya Cepat Gacor harus dirawat dengan baik terutama kebersihan kandangnya.

Disarankan letakkan burung ini di kandang yang mempunyai ukuran besar supaya burung jalak nias bisa bebas dalam beraktifitas. Bersihkanlah dengan cara rutin.

Dianjurkan setiap pagi serta sore. Burung ini suka main air dan bisa menyebabkan kandang jadi kotor dan lembab. Maka anda harus rutin membersihkannya.

Mandikan Terlebih Dahulu sebelum Memberi Makan

Agar bisa menjinakkan burung yang masih tergolong liar, dan belum bisa tenang. Terlebih dulu Anda dapat membiarkan sampai burung tersebut berteriak karena kelaparan.

Waktu yang tepat untuk memberikannya makanan yaitu pada waktu pagi hari sebelum jam 11 siang serta sore hari sebelum pukul 17.00.

Sebaiknya mandikanlah terlebih dulu sebelum diberi makan, caranya adalah dengan disemprot halus sampai bulu-bulunya terlihat basah kuyup.

Pada waktu itulah waktu yang tepat untuk memberikan jangkrik ataupun buah yang disukai. Buah yang sangat baik untuk burung jalak nias yaitu pepaya atau buah pisang.

Anda bisa memberikannya dengan cara bergantian selama 2 sampai 3 hari.

Berikan Multivitamin Secara Rutin

Agar burung ini bisa terhindar dari serangan penyakit yang datang akibat perubahan cuaca serta suhu pada sekitar kandang, berikanlah multivitamin untuk burung jalak nias.

Anda bisa memakai Ebod Joss yang dijual di pasaran. Sebab multivitamin ini bisa menjadikan burung anda menjadi gacor. Burung jalak nias merupakan burung yang dikenal begitu mudah berkicau.

Dengan diberi tambahan multivitamin dari Ebod Joss ini bisa menambah metabolisme burung jalak agar menjadi lancar, birahnya juga menjadi stabil. Kemudian hormon testoteronnya pun juga menjadi semakin terkontrol.

Demikianlah ulasan mengenai perawatan burung jalak nias supaya cepat gacor. Semoga denagn ulasan ini bisa bermanfaat bagi anda yang membacanya.

Dan bisa menambah pengetahuan untuk anda yang hobi dalam memelihara burung kicauan jalak nias ini.

Tinggalkan Komentar