Cara Perawatan Burung Jalak Kebo Yang Bisa Bicara

Burung yang masih satu keluarga dengan jalak suren dan nias saat ini sudah mulai banyak digemari oleh para pecinta burung kicauan. Suara jalak kebo yang terdengar lantang dengan khas tembakan-tembakan kasar, tajam dan juga bervariasi.

Ini yang menjadikan penyebab utama burung ini begitu banyak diidam-idamkan oleh para pecinta burung. Untuk jenisnya yang sekarang ini cukup banyak dibicarakan yaitu jalak kerbau.

Yang burung ini memiliki ciri-ciri mata putih dan juga mata yang berwarna kuning.

Sehubungan dengan suaranya yang terdengar gacor, sebetulnya ada perbedaan diantara kedua jenis kelamin dari pengicau yang dikelompokkan dalam suku Sturnidae ini.

Burung Jalak Kebo
Burung Jalak Kebo

Burung yang berasal dari keluarga jalak-jalakan banyak disukai oleh banyak orang, sebab pintar serta cepat sekali untuk menirukan suara burung dengan jenis yang lain.

Tidak hanya itu saja, akan tetapi, beberapa spesies burung jalak juga telah mempunyai kemampuan menirukan suara atau kata kata dari manusia. Seperti halnya jalak nias (Acridotheres tristis).

Meski mempunyaiketerbatasan, khususnya apabila dibandingkan dengan burung beo. Burung jalak nias yang sering diajari dan dilatih dengan rutin juga bisa jelas dalam menirukan kalimat-kalimat pendek yang seringkali diucapkan oleh manusia.

Selain burung jalak nias ini, burung jalak kebo juga dapat dengan mudah untuk dilatih supaya bisa bicara saat menirukan suara dari manusia. Burung jalak kebo yg bisa bicara banyak dicari oleh pecinta burung.

Pada dasarnya, sebenarnya setiap jenis dari burung jalak (jalak suren, jalak nias, jalak kebo, jalak batam dan juga yang lainnya) merupakan burung peniru yang begitu hebat.

Menirukan kosa kata pun dapat di akukannya, namun hanya saja terdapat keterbatasan penerimaan kata oleh burung ini terbatas dengan satu-satu kata.

Biasanya bisa menyebut nama pemiliknya yang sering didengarnya dan apapun yang kata-kata yang singkat.

Akan tetapi, perlu diingat jika burung jalak kebo tidak termasuk dari golongan burung seperti halnya burung beo yang bisa sekaligus menghafal beberapa kata untuk diucapkannya.

Oleh sebab itu perawatan untuk jalak kebo agar bisa bicara pun berbeda dengan perawatan burung beo.

Habitat Burung Jalak Kerbau

Burung ini pada umumnya hidup dengan cara bekelompok. Mereka kerap tampak di ladang pertanian bersama dengan sekumpulan kerbau.

Dan ini adalah kerbau yang sedang digembala pemiliknya ditanah lapang. Jalak kerbau yang satu ini sering tampak di atas kepala ataupun berada di punggung kerbau.

Guna mencari makanan yang berupa kutu kerbau ataupun serangga lainnya. Misalnya seperti lalat yang hinggap di bagian tubuh ternak tersebut.

Bisa dikatakan bahwa kedua binatang itu membentuk hubungan yang memang saling menguntungkan satu dengan yang lainnya (simbiosis mutualisme).

Kerbau kerbau ini tak pernah merasa terusik. Dan bahkan tubuhnya selalu dibersihkan burung dari kutu dan juga serangga lainnya yang berada di tubuhnya.

Burung mendapat makanan langsung dari si kerbau, dan juga perlindungan yang tak langsung dari ancaman predator. Seperti halnya burung alap-alap kawah (Falco peregrinus) yang termasuk musuh besar dari jalak kebo.

Apabila jalak telah berada di atas tubuh kerbau, alap-alap ini tidak akan berani mendekatinya.

Burung jalak kebo yg bisa bicara dan terkenal begitu lincah ini kerap dijumpai di area pematang sawah, area perkebunan, hutan primer dan juga hutan sekunder, dan juga di padang rumput.

Pada saat musim berkembang biak, mereka membuat sarang pada lubang pepohonan, ataupun terkadang bersarang pada atap-atap rumah yang memang dekat dengan area persawahan.

Cara Membedakan Jalak Kerbau Jantan dan Betina

Ada para pecinta burung kicau yang banyak beranggapan jika suara jalak kebo jantan seringkali lebih bervariasi jika dibanding dengan burung jalak kebo yang berjenis kelamin betina.

Oleh sebab itu, apabila berkehendak untuk memelihara pengicau dari genus Acridotheres ini. Dan juga mengidamkan burung yang bisa gacor dengan suara yang lebih bervariasi, maka tak ada salahnya apabila memilih burung jalak kebo pejantan.

Akan tetapi, sebelum beranjak dalam membelinya, terutama di ombyokan. Agar tidak salah dalam memilih.

Lebih baiknya anda tau cara membedakan jalak kebo jantan dan jalak kebo betina harus diketahui terlebih dahulu. Baik itu bagi jenis burung yang memiliki mata putih ataupun yang memiliki mata kuning.

Sebenarnya, perbedaan ciri-ciri buung jalak kebo jantan dan burung jalak kebo betina, tidak hanya terdapat pada segi suaranya yang gacor saja.

Namun, untuk bagian perawakan, banyak yang mengatakan kalau punya ciri yang cukup berbeda. Yang mana burung yang memiliki jenis kelamin jantan ini punya tubuh relatif lebih besar dan juga tegas.

Tak hanya itu saja, warna bulu dari 2 jenis kelamin burung yang punya nama ilmiah Acridotheres javanicus ini pun juga banyak dinilai tidak sama.

Kebanyakan dari ungkapn yang dijelaskan, burung betina memiliki warna bulu yang tidak lebih pekat serta tidak setegas punya burung jantan.

Perbedaan Jalak Kerbau Jantan dan Betina

Ciri ciri dari jalak kerbau betina antara lain yaitu, tubuh dengan ukuran tidak lebih panjang dari pada jantan. Ukuran kepala cenderung lebih kecil.

Sedangkan untuk suara kicauannya cenderung lebih monoton atau kurang terdengar bervariasi. Jari kakinya terlihat cenderung pendek.

Warna hitamnya juga tidak setegas burung jalak kebo jantan. Warna putih di sayap tidak sebersih punya bulu jantan. Bulu yang terdapat pada bagian kening cenderung terlihat kurang rapi.

Tidak terdapat jambul pada sekitar lubang hidung ataupun pangkal paruh pada bagian atas. Saat gacor cenderung jarang ataupun bahkan tidak sampai manggut dan mengembangkan bagian bulu kepalanya.

Sedangkan ciri jalak kerbau jantan adalah ukuran tubuh yang lebih panjang. Kepalanya dengan ukuran lebih besar. Suara gacornya juga lebih bervariasi.

Untuk jari-jari kaki memang relatif lebih panjang. Warna bulu yang hitam terlihat lebih pekat. Garis putih yang ada di bagian sayap terlihat lebih bersih serta cerah.

Rambut ataupun jambul lebih hitam mengkilap seperti halnya terpoles minyak. Untuk bagian kening ada bulu yang lebih rapi seperti setelah disisir. A

da juga jambul pada sekitar pangkal paruh bagian atas ataupun pada lubang hidung. Pada waktu bunyi bulu kepala jadi mengembang kemudian kepalanya manggut-manggut.

Cara Melatih Burung Jalak Kebo Sampai Bisa Bicara

Agar burung jalak kebo bisa jinak dan sampai bisa bicara, rawatlah denagn sebaik mungkin. Sering-sering lah mengajak burung jalak kebo bermain.

Caranya dengan mengelus-elus badan dan bagian kepalanya. Biasakanlah untuk memberikan makan di tangan sembari mengelus-elus bagian kepalanya, dan ajaklah bicara.

Semua ini sebab semua hewan itu akan belajar dalam mengenali tuannya melewati bau dan juga suara.

Biasakanlah mengucapkan kata-kata yang singkat yang gampang diucapkan supaya burung terbiasa dengan kata yang didengar tersebut. Ini begitu cocok dilakukan di saat pagi.

Kurang lebih sekitar pukul 06.00 WIB dan saat sore sekitar pukul 17.00 WIB. Setelah itu, anda jangan sampai lupa memberi makanan favoritnya yang berupa jangkrik di setiap kali anda melatihnya. Burung jalak kebo yg bisa bicara biasanya sudah jinak dengan pemiliknya.

Tinggalkan Komentar