Ciri Burung Jalak Kebo Mata Kuning dan Mata Putih

Burung Jalak kebo termasuk dari jenis burung jalak yang kerap terlihat bertengger di punggung kerbau yang sedang mencari rumput.

Jalak kebo ini pada umumnya mencari makanan yang terdapat di punggung kerbau seperti halnya serangga, kudu, dan juga serangga lalat.

Perilaku dari burung jalak kebo dan juga kerbau ini bisa dikatakan dalam jenis simbiosis mutualisme karena sama sama menguntungkan.

Burung jalak kebo ini juga sering dinamakan dengan nama jalak penyu. Jenis dari burung jalak kebo ini pun juga bermacam-macam, salah satunya yaitu jalak kebo mata kuning.

Burung Jalak Kebo Mata Kuning
Burung Jalak Kebo Mata Kuning

Di wilayah atau di habitat aslinya, burung jalak kebo ini banyak terlihar bersarang di dalam lubang-lubang yang besar yang berada di pepohonan.

Burung Jalak kebo merupakan burung yang begitu mudah untuk dipelihara, burung ini tidak pilih-pilih dari jenis makanannya. Diberikan voer jenis apa saja pasti akan dimakan.

Dan diberikan buah jenis apa saja pasti juga akan habis dimakan. Bahkan tanpa harus diberikan ekstra foodingpun kicauan burung ini akan tetap terdengar cerewet.

Dahulunya burung jalak kebo banyak sekali berkeliaran pada areal persawahan guna mencari makan. Burung jalak kebo kerap terlihat hinggap di atas punggung kerbau yang sedang mencari rumput.

Tujuannya untuk memakan kutu dan serangga lain yang sedang hinggap dan menempel pada tubuh kerbau. Sebab itulah burung ini dinamakan dengan burung jalak kebo.

Asal Usul Jalak Kebo

Anda bisa menjumpai jenis burung jalak kebo di tanah yang terbuka ataupun di daerah-daerah seperti rawa. Jalak kebo juga banyak dan sering anda jumpai di areal persawahan.

Pada daerah persawahan, burung jalak kebo bisa tampak hinggap di atas punggung hewan kerbau. Jalak kerbau sering dan sudah biasa hidup berkelompok.

Yaitu antara sekitar 5 hingga sampai 8 ekor jalak kebo tiap kelompoknya. Jenis burung jalak kebo itu banyak sekali tersebar di bermacam pulau Indonesia, seperti halnya dipulau Jawa, Bali, Kalimantan, dan juga tersebar di pulau Sumatra.

Jalak kebo terdiri atas dua macam, antara lain burung jalak kebo mata kuning dan burung jalak kebo mata putih. Jalak kebo mata putih itu sendiri mempunyai kualitas suara yang sangat unik.

Jalak kebo jenis mata putih ini tidak pandai dalam bersuara atau berkicau. Walaupun demikian, burung jalak kebo mata putih bisa menirukan suara manusia, seperti halnya seperti burung beo, walaupun tidak selantang dan sebagus kicauan burung beo.

Jalak kebo mata putih punya ukuran tubuh yang memang relatif lebih besar jika dibandingkan dengan jenis jalak kebo yang lainnya.

Sedangkan jenis jalak kebo yang berikutnya adalah burung jalak kebo mata kuning. Jenis burung jalak kebo mata kuning lebih cerdas dan pandai dalam menirukan bunyi dan suara yang dia dengar yang ada di sekitarnya.

Burung Jalak kebo mata kuning juga pandai dalam berkicau. Untuk burung Jalak kebo mata kuning punya suara kicauan yang lebih bagus, dan juga dapat meniru suara kicauan dari jenisburung yang lainnya.

Jalak Kerbau Mata Putih dan Mata Kuning

Guna membedakan jalak kerbau yang terdapat dalam dua jenis, yaitu jalak kerbau yang punya iris mata putih dan jalak kerbau dengan bagian iris mata berwarna kuning.

Akan tetapi, diantara dua jenis ini terdapat sedikit perbedaan. Antara lain yaitu untuk jalak kerbau yang punya iris mata putih jarang mengeluarkan suaranya atau jarang berkicau.

Namun kelebihannya, lebih mudah pada saat diajari bicara bahasa manusia. Walaupun hanya sepatah dua patah kata serta tidak bisa sefasih burung beo.

Sedangkan untuk jenis burung jalak kerbau yang memiliki iris mata kuning punya suara kicauan yang lebih bagus. Tentunya lebih mampu menirukan suara dari burung kicauan yang lainnya.

Namun, untuk memperoleh kemampuan burung yang pandai harus ada cara yang tersendiri. Agar burung gacor dan pandai berkicau semua tergantung dari kepintaran dan karakter dari burung itu juga, dan paling penting cara seseorang merawat serta melatihnya.

Dalam memilihara burung memang harus dirawat dengan maksimal agar hasilnya bisa sesuai dengan apa yang anda inginkan.

Karakteristik Burung Jalak Kebo

Jalak kebo mata kuning atau putih yang jantan dan betina punya ciri khas masing-masing. Jalak kebo yang berjenis kelamin jantan punya ukuran kepala yang mungkin relatif lebih besar jika dibandingkan dengan kepala jalak kebo yang betina.

Burung Jalak kebo jantan juga mempunyai bulu kepala yang rapi seperti halnya diberi minyak rambut. Sedangkan di paruh pada bagian depan ujungnya, jalak kebo yang berjenis kelamin jantan punya bulu jambul yang terlihat unik.

Guna kualitas dari suara, kicau yang diperoleh oleh burung jalak kebo jantan memang jauh lebih bervariasi dari pada jalak kebo betina.

Tak hanya itu, jalak kebo jantan juga punya bulu yang berwarna hitam mengkilap serta lebih pekat bersih dari pada jalak kebo yang betina.

Jika dibandingkan dengan jalak kebo betina, bagian kaki dari jalak kebo jantan ini jauh lebih panjang dan juga tentunya terkesan lebih kuat.

Keunikan dari karakteristik jalak kebo yang jantan selain itu terdapat pada saat ia berkicau. Pada waktu berbunyi, kepala jalak kebo yang jantan sambil diangguk-anggukan.

Para pecinta burung juga kerap membedakan jalak kebo mata kuning jantan dan yang betina dengan melihat bentuk postur tubuhnya.

Jalak kebo jenis kelamin jantan punya postur tubuh yang relatif lebih panjang dan juga lebih lurus. Sedangkan untuk burung jalak kebo betina punya postur tubuh yang tampak gemuk dan juga tampak pendek.

Lebih baiknya anda juga membuat sarang buatan sebagai tempat tinggal untuk jalak kebo agar nyaman.

Menangkarkan Jalak Kerbau

Menangkarkan burung jalak kerbau ini memanglah terbilang mudah, sebab sifat dari burung jalak kerbau yang gemar berkelompok.

Menjadikan burung jalak kebo mata kuning dan putih ini bisa ditangkarkan di dalam kandang koloni, termasuk juga dengan kandang aviary.

Anda bisa juga menangkarkan burung jalak kebo ini dengan menggunakkan sarang glodog atau dari potongan batang pohon yang telah dilubangi.

Sama seperti halnya saat menangkarkan burung jalak bali atau burung jalak yang lainnya.

Guna penangkaran burung ini dalam kandang koloni bisa menghemat waktu, sebab, burung jalak yang jantan bebas dalam mencari pasangan sesuai dengan apa yang dikehendakinya.

Cara Menjinakkan Jalak Kebo

Proses penjinakan dari burung jalak kebo dapat dipercepat dengan cara kerap memandikan burung hingga bulunya basah kuyup. Kemudian memberikan makanan berupa jangkrik langsung dari tangan anda.

Atau bisa dilakukan juga dengan cara dimandikan sambil badan burung dipegang. Untuk cara ini juga sudah kerap dilakukan para pemelihara dan penggemar burung perkutut saat memandikan perkutut peliharaannya.

Pilihlah burung jalak kebo mata kuning yang berjenis kelamin jantan. Sebab suara kicauannya terdengarlebih nyaring dan juga variataif. Meskipun jalak kebo yang betina juga bisa gacor akan tapi kicauannya memang cenderung terdengar monoton.

Tinggalkan Komentar