Cara Perawatan Burung Jalak Kebo Biar Cepat Gacor

Burung jalak kebo termasuk salah satu jenis burung jalak yang kian banyak di cari oleh para pecinta burung kicauan.

Banyak sekali hal yang membuat jenis burung jalak yang ini semakin banyak diincar oleh para pecinta burung. Alasanya karena burung jalak kebo ini punya suara kicauan yang terdengar merdu dan juga lantang dan keras.

Untuk kalangan para pecinta burung, burung jalak kebo juga kerap dinamakan sebagai jalak kerak ataupun dengan julukan jalak hitam.

Dahulunya, sebelum burung jalak kebo ini banyak dipelihara, burung ini kerap sekali dijadikan menu makanan di restoran. Ini dikarenakan burung ini mempunyai daging yang sangat empuk dan juga enak sekali disantap.

Sama seperti dengan burung puyuh yang banyak dijadikan menu. Tapi, saat ini Jalak Kebo sudah tidak dijadikan sebagai menu pada restoran dan juga warung makan lainnya.

Sebab, kepintarannya dari burung jalak kebo ini bisa menirukan suara manusia seperti halnya burung beo. Untuk sekarang ini pecinta burung menjadikannya jalak kebo sebagai burung rumahan.

Burung Jalak Kebo
Burung Jalak Kebo

Namun, ada juga yang memelihara burung ini untuk dijadikan sebagai burung master, atau untuk pengisi suara dari burung-burung ocehan yang lainnya. Burung jalak kebo biar cepat gacor harus dirawat dengan baik.

Burung yang diberi masteran dengan suara burung jalak kebo ini adalah burung cucak ijo, burung Murai Batu, dan masih banyak burung kicauan yang lainnya lagi.

Ciri Burung Jalak Kebo

Perbedaan dalam ciri-ciri burung jalak kebo jantan dan juga jalak betina, sesungguhnya tidak hanya terdapat pada segi suaranya yang gacor saja.

Namun, dalam hal perawakan, banyak yang mengatakan jika burung ini punya ciri khas yang cukup berbeda. Yang mana burung yang berjenis kelamin jantan memiliki tubuh relatif lebih besar dan juga tegas.

Selain itu, warna dari bulu dari 2 jenis kelamin burung yang memiliki nama ilmiah Acridotheres javanicus ini pun juga banyak dinilai tidak sama.

Kebanyakan dari ungkapan yang dijelaskan, betina memiliki warna bulu yang tidak semakin pekat dan tidak setegas bulu jalak kebo jantan.

Ciri yang sangat khas dari burung ini pada waktu burung jalak kebo sedang berkicau mereka sambil mengangguk – anggukan bagian kepalanya.

Dan juga mengembangkan bulu pada bagian kepalanya. Pada umumnya, burung jalak kebo pada habitat aslinya mereka banyak di temui di ladang pertanian.

Biasanya berada dengan sekumpulan kerbau yang sedang digembala. Selanjutnya mereka kan mencari makanan di atas bagian punggung kerbau dan juga kepala kerbau.

Misalnya seperti kutu dan jenis serangga yang lainnya yang terdapat pada badan kerbau.

Karakteristik Jalak Kebo Jantan dan Betina

Ciri jalak kebo jantan yaitu untuk ukuran tubuhnya lebih panjang. Kepala burung jantan berukuran lebih besar. Suara gacornya lebih bervariasi. Jari-jari kaki relatif lebih panjang.

Warna bulu hitam tampak lebih pekat. Garis putih pada bagian sayap tampak lebih bersih dan cerah. Rambut atau jambul lebih hitam mengkilap seperti terpoles minyak.

Pada bagian kening terdapat bulu yang lebih rapi seperti usai disisir. Terdapat jambul di sekitar pangkal paruh bagian atas atau lubang hidung. Saat bunyi bulu kepala jadi mengembang dan kepalanya manggut-manggut.

Sedangkan ciri dari burung jalak kebo betina adalah tubuh berukuran tidak lebih panjang dari jantan. Ukuran kepala cenderung lebih kecil.

Suara kicauannya cenderung monoton atau kurang bervariasi. Jari kaki cenderung pendek. Warna hitamnya tidak setegas milik jantan. Warna putih pada sayap tidak sebersih bulu jantan.

Bulu yang ada pada bagian kening cenderung kurang rapi. Tidak ada jambul di sekitar lubang hidung atau pangkal paruh bagian atas.

Ketika gacor cenderung jarang atau bahkan sampai tidak manggut dan mengembangkan bulu kepalanya.

Dengan beberapa perbedaan antara ciri-ciri jalak kebo jantan dengan jalak kebo betina seperti yang sudah disebutkan.

Ini merupakan cara membandingkan yang umum serta banyak dipakai oleh para pecinta burung sampai pada saat ini.

Akan tetapi, sebab masih bersifat relatif ataupun belum ada buktinya 100% dengan ketepatan akurasi-nya. Maka begitu wajar jika terjadi sedikit kesulitan pada saat anda sedang memperbandingkannya.

Perawatan Burung Jalak Kebo Biar Cepat Gacor

Untuk perawatan burung jalak kebo biar cepat gacor yang pertama adalah dengan memilih jenis kelamin burung jantan.

Selanjutnya burung harus mandi setiap pagi caranya dengan semprot pakai spray. Atau bila memungkinkan sediakan cepuk supaya burung jadi lebih leluasa mandinya.

Untuk waktunya yaitu antara sekitar jam 7 atau 8-an atau tergantung situasi atau mungkin bisa lebih siang sedikit apabila kondisi hujan.

Pada Umumnya Jalak kebo apabila kita sediakan tempat mandi agar mandi sendiri, burung akan langsung masuk dan mandi dengan puas.

Untuk ukuran bak mandi burung Jalak Kerbau supaya bisas bebas. Gunakanlah wadah yang berdiameter 20 hingga 25cm dengan tinggi volume air + 8-9 cm.  Jangan lupa ambil kembali cepuk mandi burung jika sudah selesai mandi.

Lakukan penjemuran kurang lebih selama 1 jam ataupun lebih apabila matahari benar-benar cerah. Kemudian boleh lebih lama lagi jika keadaan matahari kurang begitu cerah.

Serta pada dasarnya Jalak Kebo ini termasuk burung yang siap dan bisa tahan dengan cuaca dan panas matahari, setelah selesai dijemur kemudian diangin-anginkanlah di teras anda.

Pemberian Makan Jalak Kebo

Siapkanlah makanan dengan cukup seperti halnya memberi, buah-buahan seperti halnya pisang kepok, pepaya dll. Dan anda bisa memberikannya juga voer yang berkualitas baik.

Sebab, pada makanan kemasan itu terdapat kandungan vitamin, kandungan protein dan juga zat lain yang diperlukan oleh burung.

Burung jalak kebo biar cepat gacor, berilah makanan tambahan ataupun yang lebih populer dengan (EF: Extra Fooding).

Seperti halnya memberi jangkrik pada tiap pagi 2 hingga 3 ekor dan saat sore demikian juga diberi 2 sampai dengan 3 ekor.

Dapat juga ditambahkan dengan ulat hongkong secukupnya. atau anda juga bisa memberi makanan dengan kroto.

Cara Menangkarkan Jalak Kerbau

Menangkarkan burung jalak kerbau memang tidak sesulit dalam menangkarkan burung dari keluarga jalak yang lainnya.

Sifat mereka yang selalu hidup berkelompok menjadikan burung ini bisa untuk ditangkarkan di dalam kandang koloni, termasuk dengan kandang aviary.

Untung bagian sarang dapat memakai glodog ataupun potongan batang pohon yang telah dilubangi. Misalnya seperti halnya menangkarkan burung jalak suren ataupun jenis burung jalak lainnya.

Sistem penangkaran dengan menggunakan kandang koloni memang dapat menghemat waktu. Karena burung jantan bebas mencari pasangannya sesuai dengan apa yang telah diinginkannya di dalam penangkaran.

Burung jalak kebo biar cepat gacor harus dilakukan dengan  perawatan yang benar dan teratur seperti yang telah dibahas tadi. Dengan mengetahui cara merawat burung jalak kebo biar cepat gacor diatas, mudah mudahan bisa menambah ilmu pengetahuan anda tentang cara merawat burung kicauan.

Tinggalkan Komentar