Burung Hyacinth Macaw Dengan Bulu Indah dan Kecerdasan Tinggi

Burung macaw merupakan jenis burung yang memiki tampilan yang indah, berwarna cerah dan termasuk anggota keluarga dari burung nuri (parrot).

Jenis burung macaw memiliki hubungan kekerabatan yang dekat dengan burung parkit dan juga dengan burung kakaktua. Pada umumnya jenis burung macaw juga berbulu cerah.

Beberapa spesies hanya bisa dibedakan oleh orang awam jika dari masalah warnanya. Pewarnaan ini juga menjadikannya kontras dengan pemandangan di hutan hujan tropis dengan kanopi hijau serta dengan buah-buahan serta bunga yang berwarna-warni.

Burung macaw juga termasuk jenis hewan omnivora. Omnivora yang berarti hewan atau burung pemakan tumbuhan dan juga pemakan hewan. Makanan burung macaw antara lain berupa buah-buahan, kacang-kacangan, serangga, dan juga siput.

Beberapa spesies lainnya juga memakan tanah lembab, yang bisa membantu untuk menetralkan bahan kimia dalam buah-buahan yang telah dimakannya. Salah satu jenis burung Macaw yang populer adalah Burung Hyacinth Macaw .

Burung Hyacinth Macaw

Burung Hyacinth Macaw
Burung Hyacinth Macaw

Burung Hyacinth Macaw termasuk jenis burung beo terbesar yang ada di dunia. Burung ini tampak begitu mencolok dengan warna birunya. Akan tetapi saat ini, populasi burung Hyacinth Macaw mulai menurun pada beberapa tahun terakhir.

Dan sekarang ini hanya tersisa kurang dari 5.000 burung Hyacinth Macaw yang tersebar di seluruh dunia. Hal ini dikarenakan oleh perburuan liar yang sudah begitu marak. Akan tetapi, saat ini burung Hyacinth Macaw sudah dapat ditemui pada kawasan padang rumput Brasil Utara.

Burung Hyacinth Macaw atau hyacinthine macaw yang memiliki nama latin Anodorhynchus hyacinthinus, termasuk jenis burung paruh bengkok (parbeng).

Yang mana burung ini memiliki ukuran paling besar jika dibandingkan dengan ukuran jenis Makaw yang lainnya. Burung Macaw jenis ini pernah tercatat bisa tumbuh dengan ukuran kurang lebih sekitar 1 meter, yang diukur dari atas kepala sampai dengan bagian ujung ekornya.

Burung Macaw Hyacinth jenis parot yang asalnya dari benua Amerika dengan habitat aslinya terdapat di Amerika Timur, Tengah dan juga Selatan ini dapat tumbuh dengan berat antara 1,2 sampai dengan 1,7 kg. Bulu Hyacinth sepenuhnya berwarna biru akan tetapi, bulu leher kadang-kadang bisa sedikit abu-abu.

Kecerdasan Burung Macaw

Kecerdasan Burung Macaw
Kecerdasan Burung Macaw

Macaw termasuk jenis burung yang mempunyai inteligensi yang tinggi. Burung ini mudah untuk diajari melakukan aktivitas tertentu sehingga tidak jarang menjadi hewan panggung di kebun binatang maupun dalam sirkus. Beberapa spesies macaw bahkan dapat diajari berbicara menirukan suara manusia.

Burung paruh bengkok dengan kecerdasan diatas rata-rata kecerdasan yang dimiliki jenis burung lain memanglah akan mempunyai nilai jual tersendiri. Terlebih lagi burung parung bengkok import yang salah satunya antara lain yaitu jenis Hyacinth Macaw.

Selain Burung Paruh bengkok (parrot) Scarlet Macaw, Blue and Gold (BnG) , Hyacinth Macaw juga tidak kalah populernya pada kalangan para pecinta burung paruh bengkok.

Jenis burung ini apabila dilatih dengan teknik atau cara melatih Macaw dengan benar akan bisa menirukan suara manusia dan juga melakukan trik seperti halnya yang ada di sikus. Sebab memang jenis burung Makaw ini mempunyai kecerdasan dan juga mudah untuk dijinakan.

Makanan Hyacinth Macaw

Jika di habitat liar, burung ini memakan tumbuhan dan hewan. Namun jika dipelihara harus diberi makanan yang tepat. Dengan tiap hari memberian jenis pakan yang masih segar dan juga jenis makanan yang bervariasi, nafsu makan Hyacinth Macaw akan terjaga. Jenis pakan yang bisa kita selang-seling antara lain buah-buahan, biji-bijian, kacang-kacangan dan juga sayuran.

Tinggalkan Komentar