Burung Elang Albatros Pengembara Dengan Bentangan Sayap Terlebar

Burung Elang Albatros Pengembara yang merupakan keluarga dari Diomedeidae merupakan burung laut besar dalam ordo Procellariiformes. Kemudian burung ini juga masih satu kelompok dengan Procellariidae, Petrel badai serta Petrel penyelam.

Burung ini bisa dijumpai secara luas pada Samudra Antartika dan Pasifik Utara. Albatros pengembara ini tidak ditemukan di Atlantik Utara. Walaupun penemuan fosil membuktikan jika burung ini dahulu pernah ada di sana.

Burung albatros juga merupakan burung terbang yang paling besar, dan burung albatros besar (genus Diomedea) meempunyai panjang sayap yang paling besar dan melebihi burung yang lainnya.

Burung albatros sangat efisien saat di udara, dengan memakai teknik terbang melayang serta terbang membumbung untuk bisa terbang pada jarak yang bisa dikatakan cukup jauh dengan tenaga yang sedikit.

Burung ini juga suka memakan cumi-cumi, ikan, serta udang. Dan caranya dengan memakan hewan yang sedang terdampar, berburu di permukaan air, serta dengan menyelam.

Perilaku Burung Elang Albatros

Burung Elang Albatros Pengembara
Burung Elang Albatros Pengembara

Albatros juga termasuk burung yang tinggal pada sebuah koloni. Burung elang ini memiliki kebiasaan membuat sarang di pulau terpencil di tengah samudra, bahkan juga bercampur dengan beberapa spesies.

Burung ini punya perilaku atau kebiasaan monogami dengan mempertahankan pasangan dalam seumur hidupnya. Musim berbiak bisa memakan waktu lebih dari satu tahun mulai dari bertelur, dengan satu butir telur adalah untuk satu musim berbiak.

Seekor burung elang albatros laysan yang diberi nama “Wisdom” yang dijumpai pada Kepulauan Midway dinilai sebagai burung liar yang mempunyai umur paling tua di dunia.

Ciri Fisik Elang Albatros

Ciri Fisik Elang Albatros
Ciri Fisik Elang Albatros

Elang Albatros yang posisi terbang tinggi bisa menjadi pemandangan yang spektakuler. Elang laut raksasa ini termasuk jenis burung bentangan sayap terlebar dengan ukuran terpanjang sampai dengan 11 kaki (3,6 meter). Elang laut pengembara ini merupakan burung yang terbesar dari beberapa dua lusin spesies elang yang berbeda.

Elang laut ini memakai wingspans tangguh mereka di dalam melawan angin laut serta kadang-kadang meluncur selama berjam-jam tanpa istirahat. Bahkan mereka juga dapat mengapung pada permukaan laut.

Walaupun posisi tersebut menjadikan mereka rentan terhadap predator air. Elang laut akan minum air garam, seperti halnya pada beberapa jenis burung laut lainnya.

Elang Arbatros atau Albatrosses termasuk hewan dari jenis burung. Burung elang albatros pengembara ini merupakan binatang pemakan daging, rentang hidup rata-rata di alam bebas dan dapat mencapai 50 tahun.

Untuk ukuran lebar sayap bisa 2 sampai dengan 3,4 m) dan dengan berat hingga mencapai 22 lbs atau 10 kg. Mereka juga suka hidup dalam kelompok atau grup yang disebut Flock.

Binatang ini memiliki umur panjang, usia mereka juga bisa mencapai 50 tahun menurut dari beberapa penelitian . Jenis burung elang bertubuh besar ini jarang terlihat di daratan, kecuali hanya akan berkumpul pada waktu berkembang biak. Ketika itu mereka akan membentuk koloni besar pada pulau-pulau terpencil.

Perkembangbiakan Elang Albatros

Pasangan yang telah kawin akan menghasilkan sebutir telur saja dan mereka akan bergiliran merawat telurnya sampai menetas. Elang laut muda bisa terbang pada saat memiliki usia tiga bulan hingga elang anakan tersebut berumur sepuluh bulan sesuai dengan spesies mereka

Namun selanjutnya mereka akan meninggalkan tanah selama kurun waktu kurang lebih sekitar lima sampai sepuluh tahun sampai dengan mereka mencapai kematangan seksual. Beberapa spesies dijumpai kawin dengan pasangannya selama seumur hidup.

Tinggalkan Komentar