2 Jenis Burung Ekor Terpanjang Yang Unik dan Cantik

Burung peliharaan yang memiliki suara unik sangat disukai sebagian kicaumania. Umumnya, masteran yang dipakai itu diperolehnya dari suara kicauan selain burung-burung masteran pada umumnya.

Walau burung itu rata-rata dipelihara menjadi kelangenan, namun apabila memiliki variasi suara yang unik, pastinya terdengar istimewa.

Terdapat juga burung yang punya ekor yang panjang. Selain burung murai batu, ada juga di belahan dunia ini ada cukup banyak burung yang punya ekor yang super panjang.

Dari 25 cm sampai dengan lebih dari 40 cm. Burung yang punya ekor panjang memang akan tampak lebih gagah dan menarik.

Misalnya saja, burung murai batu yang mana semakin panjang ekor yang dipunyai, pada umumnya harganya juga akan semakin tinggi.

Burung Sakabula

Burung Ekor Terpanjang
Burung Ekor Terpanjang

Burung ini sangat unik, karena punya ekor yang begitu panjang. Ekor ini semakin memanjang sampai lebih dari setengah meter pada saat musim kawin.

Tidak hanya itu, burung ekor terpanjang dengan berbulu cantik ini juga memiliki suara kicauan sangat tajam, dengan tembakan yang begitu rapat.

Jenis burung yang sebagian besar warna hitam pekat ini termasuk burung yang asalnya dari benua afrika. Burung sakabula ini punya ekor dengan panjang 3 kali dari panjang badan yang dipunyai.

Burung sakbula jantan bisa punya ekor dengan panjang sekitar 50 cm. Kemudian menurut penelitian burung sakabula betina akan suka dengan burung sakabula jantan yang punya ekor panjang.

Long-tailed widowbird atau sakabula punya wilayah persebaran di Afrika. Termasuk di Angola, Botswana, Kongo, Kenya, Lesoto, Afrikat Selatan, Swaziland, Zambia, dan juga Zaire.

Pada saat terbang, burung ini bisa tampak dari kejauhan, sebab ekornya begitu panjang dan akan mekar. Jadi tampak sangat cantik.

Burung jantan dewasa punya bulu berwarna hitam, dengan warna oranye serta putih di bagian bahunya. Ekornya lebar serta panjang, kemudian paruh putih-kebiruan.

Burung betina memiliki penampilan yang sangat berbeda. Bulu-bulunya dengan warna kecokelatan bercampur dengan hitam.

Disertai bercak pucat pada bagian dada. Ekornya pun jauh lebih pendek dibandingkan dengan burung jantan.

Merak India

Burung Merak India
Burung Merak India

Merak India merupakan hewan omnivora atau pemakan segala. Makanannya terdiri atas biji-bijian, bunga, cacing, serangga.

Selain itu burung merak juga dikenal dengan nama “mayura” yang artinya “pembunuh ular”. Sebutan itu sendiri diberikan karena kerapnya burung ini memakan anak ular kobra.

Jadi burung ini punya peran penting dalam mengendalikan populasi kobra pada habitat yang ditempatinya.

Burung merak India yaitu hewan diurnal yang artinya burung ini baru aktif mencari makan saat siang hari.

Sedangkan saat pada malam hari, merak India akan tidur sembari bertengger di atas dahan pohon agar aman dari pemangsanya.

Hanya saja, burung merak India jantan yang punya penampilan indah. Penampilan indah dengan bulu berwarna biru mencolok & adanya bulu tudung dengan ukuran panjang.

Dan juga dipenuhi dengan motif menyerupai mata di bagian ekornya. Burung merak jantan punya penampilan menarik karena untuk menarik perhatian betina agar mau kawin dengannya.

Merak betina punya warna dominan cokelat agar dapat berkamuflase dengan gampang pada saat sedang mengerami telur-telurnya.

Baik itu burung merak jantan atau betina sama-sama punya jambul di kepalanya. Burung yang indah ini sudah mulai langka karena banyak diburu untuk diambil bulunya yang indah.

Sebenarnya semua jenis burung merak, baik itu merak hijau, biru ataupun merak kongo semuanya memiliki tubuh yang besar dan bulu yang indah.

Tinggalkan Komentar