Beberapa Jenis Burung dengan Kemampuan Terbang Tinggi

Setiap hewan selalu memiliki kemampuan yang berbeda-beda, termasuk juga burung dengan kemampuan terbang tinggi. Tentu saja burung dengan kemampuan semacam ini memiliki kelebihan pada tubuh yang dimilikinya.

Selain itu, tidak semua jenis burung mempunyai kemampuan untuk bermanuver di ketinggian. Selain dilihat dari morfologinya, burung dengan kemampuan yang dimilikinya untuk terbang tinggi ini juga dapat dipengaruhi oleh perilaku, jenis makanan, hingga pola migrasi yang setiap tahun dilakukan.

Daftar Harga Burung Terbaru. Jalak Bali Anakan 3jt Per Pasang, Update 01 Mei 2021.

Pemesanan Ring Burung. Diskon hingga 500 per biji, harga mulai 1500 per biji.

Burung dengan Kemampuan Terbang Tinggi
mongabay.co.id

Jenis Burung dengan Kemampuan Terbang Tinggi

Terdapat jenis burung yang secara alami memiliki kemampuan terbang di ketinggian yang sangat menakjubkan. Bahkan, dapat menyamai beberapa jenis pesawat terbang komersial yang sering kita lihat.

Hal ini dikarenakan kemampuan revolusi yang dimiliki. Sehingga, mampu terbang saat di ketinggian pada kisaran oksigen kurang dari 10 persen. Mungkin sebagian dari kita menilai bahwa burung semacam ini merupakan jenis burung ajaib.

Pastinya anda penasaran bukan, jenis burung apa saja yang dapat dikategorikan sebagai burung dengan kemampuan terbang tinggi. Berikut daftar-daftarnya.

Burung Alpine Chough

Salah satu jenis burung yang mampu terbang tinggi adalah Alpine Chough. Burung yang satu ini memiliki nama ilmiah Pyrrhocorax graculus. Dimana masih termasuk ke dalam kelompok burung Gagak.

Burung Alpine Chough hidup dengan sangat baik dan mampu melangsungkan proses perkawinan serta berkembangbiak di beberapa kawasan pegunungan. Seperti halnya Asia Tenggara, Eropa Selatan, Afrika Utara, serta Spanyol.

Burung ini dikatakan sebagai salah satu jenis burung yang berkemampuan terbang tinggi. Pasalnya, memiliki sarang di ketinggian hingga 8.000 meter.

Andean Condor atau Kondor Andes

Jenis burung dengan kemampuan terbang tinggi lainnya adalah Kondor Andes. Kondor Andes banyak kita temukan di Amerika Selatan, wilayah bagian sebelah barat di barisan Pegunungan Andes.

Selain memiliki kemampuan terbang dengan ketinggian yang fantastis, Kondor Andes juga termasuk ke dalam burung terbesar di dunia yang mampu terbang dengan panjang sayap yang besar. Apabila diukur, dari ujung sayap sebelah kiri hingga ujung sayap kanannya dapat mencapai 3,2 m.

Sedangkan ukuran tubuh burung Kondor Andes, memiliki berat 15 kg dengan panjang 1,2 m. Burung yang satu ini memiliki kemampuan terbang dengan sangat cepat dalam ketinggian hingga mencapai 4.500 m di atas permukaan air laut.

Dengan skill terbangnya yang sangat hebat ini, burung Kondor Andes dijadikan sebagai sebuah simbol kesehatan, kebebasan, hingga kekuasaan. Menariknya lagi, burung ini juga dijadikan sebagai burung nasional oleh negara Ekuador, Chili, Columbia, dan Bolivia.

Saat ini burung Kondor Andes termasuk ke dalam spesies langka karena terancam punah. Hal ini dikarenakan perburuan liar yang marak terjadi serta habitatnya yang sudah mulai rusak.

Burung dengan Kemampuan Terbang Tinggi
adlihakim13.blogspot.com

Angsa Peteriak

Masih berbicara mengenai jenis burung dengan kemampuan terbang tinggi. Selanjutnya, burung yang memiliki kemampuan semacam ini yaitu Angsa Peteriak.

Angsa Peteriak mempunyai nama ilmiah Cygnus cygnus. Burung ini lebih sering menghabiskan lebih banyak waktu untuk berenang. Kendati demikian, Angsa Peteriak mempunyai kemampuan bermigrasi dengan terbang setinggi 8.200 meter.

Grus Grus

Jenis burung yang tak kalah hebatnya soal kemampuan terbang yang dimiliki adalah burung Grus Grus. Akan tetapi, sangat disayangkan, burung ini sudah sulit kita jumpai mengingat persebarannya yang mulai langka.

Burung Grus Grus ini masih tergolong ke dalam kelompok burung Bangau. Dengan kemampuan terbang setinggi mencapai 10.000 meter.

Itulah tadi beberapa jenis burung dengan kemampuan terbang tinggi yang menarik untuk kita ketahui. Meskipun kita sendiri belum dapat menyaksikannya secara langsung, kemampuan terbang jenis burung tersebut tak dapat dipungkiri.