Mengenal Burung Dara Laut Kumis, Spesies Burung Pemakan Ikan

Banyak jenis burung laut yang bisa dijumpai di berbagai wilayah dunia ini. Salah satunya yaitu burung Dara Laut Kumis. Burung ini merupakan burung pemakan ikan yang memiliki ukuran tubuh sedikit kecil.

Burung Dara Laut Kumis
freepik.com

Ciri Fisik Burung Dara Laut Kumis

Dara Laut Kumis merupakan burung yang berukuran agak kecil. Ciri khas burung yang dewasa memiliki ukuran yaitu dengan panjang kurang lebih sekitar 25 cm.

Burung laut ini memiliki warna bulu yang pucat dengan bagian dahi yang berwarna putih. Keunikan dari burung ini yaitu pada bagian ekornya yang terlihat menggarpu.

Selanjutnya, untuk burung dewasa belum berkembangbiak biasanya mempunyai ciri dahi yang berwarna putih. Terdapat mahkota di bagian kepalanya yang disertai dengan garis hitam. Kemudian, bagian tengkuk burung ini terlihat warna hitam.

Sedangkan ciri khas Dara Laut Kumis selanjutnya yaitu pada tubuh bagian bawahnya memiliki bulu yang berwarna putih. Sayap dan punggungnya terlihat berwarna abu-abu.

Lalu, untuk penutup ekor bagian atas juga terlihat berwarna abu – abu. Nah, untuk Dara Laut Kumis yang usianya masih muda, ciri fisiknya memang sangat mirip dengan burung yang usianya dewasa. Perbedaannya hanya terdapat bintik coklat pada bulu tubuhnya.

Perbedaan burung ini dengan burung Dara Laut Sayap Putih ketika sedang tidak dalam masa berbiak yaitu bagian mahkotanya berwarna lebih hitam.

Kemudian, untuk bagian tunggirnya berwarna abu-abu. Selain itu juga tidak terlihat tanda seperti bercak hitam terpisah di bagian pipi. Kemudian, ketika sudah dalam masa berbiak akan terlihat ciri-ciri yang berbeda.

Diantaranya seperti bagian dahi hitam, dada serta perut yang berwarna abu – abu.  Bagian iris matanya juga berwarna coklat gelap. Lalu, untuk bagian paruh dan kakinya juga berwarna merah.

Habitat dan Kebiasaan

Burung Dara Laut Kumis biasanya terlihat hidup dalam kelompok yang jumlahnya kecil. Kebiasaan yang sering terlihat dari burung ini yaitu Dara Laut ini sering terbang hingga sejauh 20 km menuju ke daratan.

Tujuan burung ini terbang jauh dari laut yaitu untuk mencari makanan. Sebab, burung ini suka memakan jenis makanan yang ada di permukaan tanah yang tergenang hingga bisa masuk di area persawahan.

Jenis makanan yang dicari oleh Burung Dara Laut ini biasanya berupa ikan, katak, dan juga berbagai macam jenis serangga. Ketika mencari mangsanya, burung ini akan menyambar atau terbang berputar-putar dengan sangat rendah di atas perairan. Setelah mengetahui mangsanya, baru dia akan turun untuk menyambarnya.

Daerah Persebarannya

Persebaran Dara Laut Kumis jika di Indonesia, tercatat ada di beberapa pulau. Mulai dari pulau Sumatera, Kalimantan, hingga ke pulau Jawa, Bali,  dan juga Lombok. Tak hanya itu saja, persebaran burung ini juga bisa sampai ke pulau Maluku dan Irian.

Burung laut ini merupakan pengunjung tetap ketika datang musim dingin di pulau Sumatera, Jawa, serta di pulau Bali. Akan tetapi, diantara mereka juga ada yang sangat sering terlihat di saat musim panas.

Perjumpaan

Perjumpaan burung ini pernah terlihat sedang berada di bendungan Batujai Lombok Tengah dengan jumlah sekitar 20 ekor. Mereka terlihat sedang berputar – putar mencari makan ikan – ikan kecil dengan cara menyambarnya.

Terlihat juga ada jenis burung lain yang bersama dengan burung Dara Laut Kumis ini, diantaranya seperti burung Kuntul. Mereka sekelompok bersama-sama mencari jenis makanan yang sama, seperti ikan kecil, katak, juga serangga.

Update Info Terbaru