Mengenal Ciri Khas Burung Cerek Pasir Besar dan Habitatnya

Burung Cerek Pasir Besar (Charadrius leschenaultii) merupakan salah satu spesies burung yang berasal dari keluarga Charadriidae. Kemudian, burung dengan genus Charadrius ini memiliki habitat di daerah yang berlumpur dan juga beting pasir di pantai.

Sebenarnya, burung Cerek ini merupakan jenis burung perandai atau burung pantai. Tubuhnya juga memiliki ukuran yang relatif kecil.

Awal mulanya burung ini diperkirakan sebagai burung endemik Pulau Jawa saja. Namun, sekarang ini diketahui bahwa burung Cerek sudah menyebar luas di berbagai wilayah pesisir di Indonesia. Bahkan sudah banyak yang menjumpai burung ini berada di pulau lain yang ada di Indonesia.

Burung Cerek Pasir Besar
flickr.com

Ciri Khas Burung Cerek Pasir Besar (Charadrius Leschenaultii)

Salah satu jenis burung Cerek yang bisa dijumpai di alam Indonesia yaitu burung Cerek Pasir Besar ini. Ciri khas burung ini memang agak berbeda dengan burung Cerek Krenyut.

Cerek Pasir Besar ini merupakan jenis burung pantai yang berukuran sedang. Ukuran tubuhnya kurang lebih sekitar 22 cm saja.

Bulu burung ini sebagian besar terlihat berwarna abu-abu. Kemudian ada tambahan warna  coklat dan putih di permukaan bulunya.

Perbedaan burung ini dengan burung Cerek Pasir Mongolia diantaranya memiliki ukuran yang lebih besar dan lebih panjang. Kemudian, pada bagian paruhnya juga terlihat lebih tebal.

Selain itu, yang membedakan burung ini dengan burung Cerek pendatang lain yaitu tidak terdapatnya ciri khas berupa garis dada atau garis kerah.

Pengunjung awal musim juga akan memperlihatkan bulu biak yang tampak sangat khas. Diantaranya yaitu garis dada yang berwarna merah tua. Selain itu, burung ini juga memiliki topeng yang berwarna hitam. Bagian dahi burung pantai ini juga terlihat berwarna putih.

Ciri khas yang lainnya yaitu pada bagian iris mata yang berwarna coklat. Paruh burung Cerek Pasir Besar yang tebal berwarna hitam. Sedangkan, untuk kaki burung ini berwarna abu-abu agak kehijauan.

Habitat dan Kebiasaan

Habitat burung pantai ini yaitu berada di daerah yang berlumpur atau di area pasir di pantai. Di habitatnya biasanya terdapat berbagai macam jenis makanan yang disukai oleh burung Cerek Pasir ini.

Burung ini akan sering-sering mengunjungi daerah yang berlumpur dan beting pasir di pantai. Disana mereka akan berbaur dengan jenis burung perancah lainnya, termasuk juga burung Cerek Pasir Mongolia.

Makanan Burung Cerek Pasir Besar

Burung Cerek ini makanannya di alam liar berupa serangga atau hewan-hewan kecil yang sering hidup di habitatnya. Misalnya seperti ikan kecil, kepiting, siput, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Mereka akan berkumpul dengan kawanannya dan mencari makan bersama –sama di pasir pantai atau di daerah yang berlumpur.

Perjumpaan

Perjumpaan burung ini yaitu ada di Pulau Lombok. Pada umumnya, burung Cerek ini bisa dijumpai di area persawahan yang luas. Yaitu dekat dengan pesisir Pantai Tanjung Karang Ampenan.

Kemudian, burung ini juga dijumpai dalam jumlah yang besar yaitu di pesisir Pantai Sekotong serta di Bendungan Batujai yang ada di Lombok Tengah. Di kawasan tersebut terdapat jenis makanan yang disukai oleh sebagian besar burung pantai.

Agar burung Cerek Pasir Besar ini tidak mengalami kepunahan di kemudian hari, sebaiknya manusia berupaya untuk melestarikan burung ini. Caranya dengan tidak merusak habitatnya dan tidak melakukan perburuan secara liar. Jika habitatnya rusak, maka burung ini lama kelamaan akan punah.

Update Info Terbaru