Inilah Jenis Burung Bertubuh Mungil Yang Paling Populer

Berbagai macam jenis burung banyak dijumpai di sekeliling kita. Mulai dari burung yang bertubuh besar, kecil dan juga bertubuh sedang. Setiap jenisnya pasti banyak yang menyukai dan ingin memeliharanya.

Tanpa terkecuali burung yang bertubuh mungil dan tentunya juga Imut, tahukah anda burung-burung berukuran mungil atau berukuran kecil yang sedang popular sekarang ini? Jika anda merupakan penghobi burung pasti mengenalnya bahkan untuk memeliharanya.

Burung-burung mungil ini juga kerap sekali diikutkan even lombakan dalam arena kontes burung berkicau. Walaupun bertubuh mungil, burung tersebut kadang juga memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh burung kicauan lain yang ukuran tubuhnya lebih besar.

Apa saja jenis burung tersebut? Berikut ini jenis burung bertubuh mungil yang saat ini populer di kalangan pecinta burung kicauan.

1. Burung Prenjak Kepala Merah

Burung Bertubuh Mungil
Burung Bertubuh Mungil

Meskipun ukuran burung prenjak tamu itu mungil atau kecil namun memiliki suara yang keras. Kicauan prenjak tamu juga sering untuk memaster burung lain. Prenjak kepala merah merupakan jenis burung yang menarik sebab memiliki suara yang keras melengking.

Banyak para kicau mania yang tertarik memelihara burung ini untuk peliharaan dirumah atau dijadikan sebagai burung masteran. Supaya bisa jadi gacor, pilihlah prenjak kepala merah yang jenis kelaminnya jantan.

Sebab hanya prenjak kepala merah jantanlah yang gemar berkicau dan mempunyai beberapa variasi kicauan. Kemudian untuk prenjak kepala merah betina bersuara monoton.

Ciri dari burung prenjak jantan yaitu punya 2 bulu ekor yang lebih panjang dari bulu ekor yang lain. Selain itu juga punya bulu berwarna kehitaman pada bagian dada.

Cara perawatan prenjak kepala merah liar umumnya sama dengan cara merawat burung kicau lain yang masih liar. Prenjak kepala merah pada habitat aslinya adalah burung pemakan serangga dan memakan ulat, serangga-serangga kecil, laba-laba, dan lain sebagainya.

Jika kita membeli prenjak kepala merah bakalan yang belum makan voor, maka kita harus melatihnya makan voor supaya memudahkan kita dalam perawatanya. Caranya juga cukup mudah, yaitu dengan campurkan voer dan kroto dengan porsi voor lebih banyak daripada kroto.

Anda bisa juga memakai ulat hongkong yang dipotong-potong kecil-kecil yang dicampur dengan voor yang halus. Kurangilah porsi kroto ataupun UH dari hari ke hari hingga burung prenjak kepala merah mau makan voor polos tanpa dengan campuran kroto/UH.

Itu berarti prenjak sudah mau ngevoor. Sehingga kita dapat memberikan voor dan kroto dalam wadah yang berbeda.

Kroto bagus untuk menjadikan prenjak kepala merah lebih gacor, sedangkan voor dapat mencukupi kebutuhan kalsium, vitamin, dan nutrisi untuk burung prenjak kepala merah.

2. Burung Kolibri Ninja

Sebenarnya burung bertubuh mungil ini merupakan burung yang dilindungi pemerintah, tapi saat ini masih banyak yang memelihara.

Kolibri ninja memiliki ukuran tubuh kecil namun memiliki banyak variasi suara, burung ini juga menarik saat sedang berkicau sambil ngobra.

Dalam memeliharanya anda juga harus bisa dalam melakukan perawatan sehari hari, sebab jika tidak, burung kecil ini tidak akan mau berkicau dengan gacornya. Sebenarnya burung ini adalah burung pemakan nektar, tapi jika melatihnya, aburung ini bisa makan voor.

3. Burung Pleci

Burung Pleci
Burung Pleci

Burung kecil dengan warna putih yang melingkar pada seputar bagian matanya ini juga sedang popular dikalangan para penghobi burung berkicau.

Walaupun bukan burung bertipe petarung, namun Pleci atau burung Kacamata ini memiliki suara kicauan yang menarik, bahkan jika sudah bisa buka paruh dan ngeroll akan mampu membuat anda semakin merasa terkagum.

Tinggalkan Komentar