Jenis Burung Berleher Panjang Yang Tersebar Di Dunia

Banyak sekali jenis burung yang tersebar di berbagai wilayah. Dari jenis burung tersebut pastinya memiliki ciri fisik yang berbeda beda. Jenis makanan dan habitat juga mempengaruhi mengapa jenis burung memiliki ciri fisik yang berbeda beda.

Baik dari bagian kakinya, bagian paruh, dan juga bagian lehernya. Jenis burung yang memiliki leher panjang pun bisa kita jumpai di berbagai wilayah.

Tapi pada umumnya, jenis burung seperti itu bukan termasuk burung kicauan yang sering dipelihara para pecinta burung kicauan. Berikut ini akan disebutkan jenis burung berleher panjang yang tersebar pada berbagai wilayah.

Burung Berleher Panjang
Burung Berleher Panjang

Burung Angsa

Angsa sangat akrab dengan kita sebab unggas ini termasuk burung yang diternakkan pada sekitar kita. Beberapa macam spesiesnya antara lain yaitu trumpter swan, angsa hitam, dan juga angsa putih.

Trumpter swan (Cygnus columbianus) yang berasal dari dari Amerika Utara merupakan jenis angsa yang hampir punah. Akan tetapi burung berleher panjang ini berhasil diselamatkan.

Leher panjangnya bermanfaat pada saat mencari makan, sehingga paruh dapat mencapai dasar air untuk mencabut tumbuhan air. Pada waktu terbang trumpter swan akan meluruskan lehernya ke depan, tidak ditekuk dan membentuk huruf S.

Kemudian untuk angsa hitam, angsa putih (mute swan) serta (juga burung-burung kuntul) akan terbang sambil menekuk bagian leher. Angsa hitam dengan nama latin Cygnus atratus termasuk angsa unik yag berasal Australia.

Angsa hitam menjadikan orang Eropa terheran-heran saat pertama kali menyaksikannya. Mereka mengira tidak ada angsa yang tidak berwarna putih. Anak angsa hitam berbulu abu-abu.

Kemudian untuk angsa cantik yang yang dijadikan sebagai tokoh cerita adalah angsa putih mute swan (Cygnus color). Bagian bulunya yang berwarna putih, paruh oranye dengan sedikit warna hitam pada pangkal dan juga pada bagian ujung paruh.

Kadang-kadang kepala dan juga leher terlihat cokelat, sebab telah terkotori air yang mengandung lumpur.

Burung Unta

Burung Unta
Burung Unta

Burung unta merupakan jenis burung berleher dan juga termasuk jenis burung terbesar yang masih bertahan di bumi, dengan jenis telur terbesar juga. Jenis burungtida k bisa terbang ini merupakan burung pelari yang sangat kencang.

Makanannya yaitu berupa biji-bijian dan berupa tumbuh-tumbuhan. Serta terkadang makan berupa serangga. Pola hidupnya berpindah-pindah dan juga berkelompok. Pada saat burung ini merasa terancam, burung unta yang ukurannya besar ini bisa bersembunyi, atau bahkan malah kabur.

Tapi pada saat hewan ini sudah merasa terpojok bisa melakukan tendangan maut. Pada bagian Kepala dan juga lehernya nyaris tidak ditumbuhi bulu dan begitu juga dengan bagian kakinya.

Saat bersembunyi dari predator, burung unta suka membaringkan badan dan leher di atas permukaan tanah, sehingga dari jauh hanya terlihat seperti gundukan tanah yang besar.

Ternyata burung yang memiliki tubuh besar dan leher panjang ini juga pandai atau cerdik dalam melindungi dirinya dari serangan musuh.

Burung Flamingo

Burung berleher panjang bernama Flamingo digambarkan sebagai burung yang memiliki gerak yang anggun. Dengan leher yang jenjang, kaki yang panjang, gerak yang gemulai dan warna bulu kemerahan.

Burung ini telah menjadikan banyak orang jatuh hati. Tidak seperti burung air lainnya sebagai burung pemakan ikan. Flamingo memperoleh makanannya dengan cara menyaring air.

Saat mencari makan, Flamingo akan menggerakkan kepala ke kiri dan ke kanan. Burung flamingo ini memiliki leher yang membentuk huruf S dan panjang.

Tinggalkan Komentar