Inilah Jenis Burung Bentangan Sayap Terlebar dan Terbesar

Berbagai macam jenis burung yang ada di dunia ini memang sangat bervariasi ciri cirinya dan pastinya memiliki keunikan tersendiri. Selain ukuran tubuh dan warna bulunya, ada juga burung yang memiliki keunikan atau kelebihan di bagian sayapnya.

Bagian sayap sendiri merupakan bagian tubuh paling penting untuk burung sebab bagian sayap menjadi alat utama untuk terbang.

Aerodinamis sayap burung juga menentukan kecepatan, fleksibilitas dan juga energi yang dibutuhkan untuk terbang dan sayap-sayap burung berbeda antar species, salah satu perbedaannya adalah dari ukuran sayapnya.

Burung Rentangan Sayap Terlebar

Burung Bentangan Sayap Terlebar
Burung Bentangan Sayap Terlebar

Dan berikut ini akan diulas mengenai jenis burung bentangan sayap terlebar dan terbesar.

Burung Marabou

Burung bentangan sayap terlebar pertama yakni burung bangau marabou. Untuk lebar sayapnya bisa mencapai 3,19 meter. Jenis burung ini bisa terbang dengan ketinggian yaitu bisa mencapai 4000 meter, jadi tidak akan terlihat dari daratan.

Selain memiliki sayap yang sangat lebar, burung yang asalnya dari gurun sahara Afrika ini juga sangat populer dengan ukuran tubuhnya yang begitu besar. Yang mana bangau marabou dapat tumbuh sampai dengan 152 cm dengan berat sampai dengan 9 kg.

Kemudian ada keunikan lain dari burung ini yaitu makanan utamanya yang berupa bangkai hewan dan juga kotoran hewan. Selain itu. ia juga memangsa burung kecil, serangga, mamalia kecil serta memakan ikan.

Untuk memenuhi kebutuhan hidupnya burung bangau marabou bisa menghabiskan makanan hingga yang beratnya mencapai 700 gram.

Burung Condor Andes

Burung yang punya nama latin Vultur gryphus ini termasuk hewan endemik Amerika Selatan tepatnya di pegunungan Andes. Burung bentangan sayap terlebar hingga mencapai 3,2 meter untuk Andean condor jantan ini panjangnya bisa mencapai 1,3 meter dengan berat hingga mencapai 15 kg.

Burung ini juga termasuk keluarga burung pemakan bangkai, sehingga Andean condor memakan bangkai-bangkai hewan. Kondor andes sendiri lebih menyukai hidup pada kawasan dengan angin kencang.

Jadi burung yang punya ciri bulu berwarna hitam dengan bulu putih tebal melingkar di lehernya ini tidak memerlukan tenaga pada waktu terbang melainkan mengikuti arus angin.

Akan tetapi burung kondor andes tidak takut tersapu angin sebab sayap lebarnya bisa menyeimbangkan arus angin yang dihadapinya.

Pelikan Putih Besar

Burung Pelikan Putih Besar
Burung Pelikan Putih Besar

Burung bentangan sayap terlebar ini habitatnya di Eropa tenggara, dan Asia. Dan memiliki lebar sayap yang mencapai 3,5 meter.

Burung yang mempunyai nama latin Pelecanus onocrotalus ini juga termasuk burung koloni dengan rombongan terbesar yang pernah dijumpai di Tanzania yang jumlahnya mencapai hingga 75.000 ekor.

Sayap lebarnya sendiri dapat membantu burung pelikan putih besar ini saat berburu ikan yang termasuk makanan utama mereka.

Tak hanya keunikan yang ada dalam sayapnya, burung yang memiliki panjang tubuh sekitar 140 sampai dengan 180 cm, dengan berat antara 5,4 hingga 15 kg ini juga punya kantung besar di paruhnya yang berfungsi untuk penyimpan ikan hasil tangkapannya.

Burung Albatros Pengembara

Burung yang memiliki nama latin Diomedea exulans ini punya rentang sayap 3,6 meter. Menggunakan ukuran rentang sayap yang besar itu membuat burung albatross yang punya sayap terlebar di antara semua jenis burung.

Bahkan ada yang menilai jika burung yang dapat memiliki panjang tubuh mencapai 135 meter dan berat 12,7 kilogram ini ada juga yang punya rentang sayap 5,3 meter.

Akan tetapi rentang sayap yang menakjubkan itu belum terverifikasi jadi para ilmuan menetapkan ukuran 3,6 meter menjadi ukuran sayap Albatros pengembara yang sah.

Kemudian karena lebar sayapnya itu burung yang habitatnya terdapat pada perairan selatan bumi ini tidak harus mengepakkan sayapnya pada waktu terbang.

Tinggalkan Komentar