Tips Pelihara Burung Belibis Paruh Merah dan Manfaatnya

Apabila anda perhatikan, burung ini bentuknya mirip dengan bebek. Padahal hewan ini bukan bebek, melainkan jenis burung air. Burung belibis paruh merah dengan nama ilmiah Dendrocygna.

Di Indonesia sendiri burung ini bisa dikonsumsi dagingnya. Burung jenis ini membantu persebaran biji-biji rumput dan sangat berperan penting pemberi nutrisi berupa kotoran kepada ikan.

Daftar Harga Burung Terbaru. Jalak Bali Anakan 3jt Per Pasang, Update 01 Mei 2021.

Pemesanan Ring Burung. Diskon hingga 500 per biji, harga mulai 1500 per biji.

Tips Pelihara Burung Belibis Paruh Merah dan Manfaatnya
pickini.blogspot.com

Tips Memelihara Burung Belibis Paruh Merah

Unggas dengan paruh datar (Anseriformes) ini mampu mengeluarkan suara mirip seperti siulan. Dalam bahasa Inggris, jenis ini disebut juga Whistling Duck atau itik bersiul.

Burung ini termasuk pada anggota suku anatidae, sehingga mirip dengan itik karena mempunyai genetik yang berdekatan.

Burung belibis paruh merah ini biasa hidup di alam terbuka, khususnya yang daerah basah atau berair. Karena sering diburu untuk dikonsumsi membuat burung ini semakin langka.

Warna dari burung ini kecokelat-cokelatan di bagian bulu-bulunya dengan leher yang lumayan panjang. Warna kaki dan paruh hitam pekat.

Dengan genetik yang berdekatan dengan itik membuat kaki burung ini juga memiliki selaput yang berfungsi untuk berenang.

Berternak burung ini akan menciptakan lahan yang potensial dan mempunyai perhitungan yang sangat menjanjikan.

Lokasi yang cocok untuk memelihara burung belibis paruh merah ini sekitar pinggiran sungai. Jika tidak ada lahan sekitar sungai, anda bisa menciptakan suasana sendiri mirip sungai dengan adanya kolam.

Cara pemeliharaan Yang Tepat

Tips Pelihara Burung Belibis Paruh Merah dan Manfaatnya
wikipedia.org

Pertama siapkan lahan yang dirasa cukup dan buat kandang berbentuk panggung 10 x 6 meter. Pembuatan kandang tidaklah harus menggunakan bahan yang mahal, melainkan gunakan bahan yang kuat dan tahan lama.

Lengkapi kandang dengan tempat pakan, tempat minum, bisa ditambah perlengkapan lainnya agar burung hidup dengan layak.

Selanjutnya bila burung belibis paruh merah sudah berusia tiga bulan, maka sudah siap untuk dipindahkan dengan burung yang sudah dewasa.

Anakan burung belibis ini walaupun hidupnya di air, namun akan rentan dengan udara dingin. Untuk itu, anakan burung ini sebaiknya dipisah dan diberi penghangat. Bisa dengan menyalakan lampu pada kandangnya untuk menjaga suhu tubuhnya tetap hangat.

Kemudian mengenai pakan burung ini juga suka dengan makanan yang diberikan pada bebek. Bisa seperti gabah, jagung, dan akan lebih bagus jika diberikan pakan sma seperti ayam.

Keunikan Burung

Bisa dikatakan jika burung ini jarang sekali terbang, namun saat terbang bisa sampai jauh. Jenis ini sebenarnya adalah jenis burung yang suka berpindah-pindah.

Burung jenis ini pun tidak sedang diambang kepunahan. Akan tetapi, pada jenis ini juga harus dijaga supaya tidak punah bila diburu terus menerus.

Manfaat Dagingnya untuk Kesehatan

Merupakan sumber protein hewani tinggi yang bisa diperoleh dari jenis burung. Sehingga dagingnya jika dikonsumsi sangatlah baik untuk menjaga kesehatan. Agar tubuh anda tidak mudah lemas dan lebih kuat, sebaiknya anda konsumsi daging burung ini.

Kandungan lemak yang rendah sehingga anda yang menderita penyakit kolesterol tak perlu ragu untuk mengkonsumsinya. Walau kandungan lemak rendah, dagingnya juga enak untuk dimakan.

Dagingnya juga bisa untuk menyembuhkan penyakit kusta. Caranya ini sangat mudah bila ingin mengobati kusta yaitu hanya dengan mengoleskan darah pada seluruh bagian yang terkena kusta.

Selain penyakit kusta, bisa juga untuk mencegah penyakit kanker. Penyakit kanker menyerang sistem kekebalan tubuh yang lemah. Sedangkan daging burung belibis paruh merah ini bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh anda.