Cara Budidaya Burung Sriti Paling Mudah dan Cepat

Burung sriti adalah salah satu jenis burung sangat istimewa. Liur burung ini atau sarangnya bernilai mahal.Walaupun harga sarangnya lebih murah daripada burung walet.

Cara perkembangbiakan burung inipun seperti halnya burung walet.Akan tetapi, perawatan burung ini lebih mudah dari pada burung walet. Berikut ini cara mengembangbiakkan atau budidaya burung sriti yang bisa anda terapkan.

Persyaratan Gedung atau Rumah

Budidaya Burung Sriti
Budidaya Burung Sriti

Dianjurkan apabila Anda akan membangun gedung untuk sriti ataupun merenovasinya, maka dianjurkan apabila bahan bangunan itu lebih banyak mengandung kapur jika dibandingkan semen.

Tujuannya yaitu supaya suhu ruangan tidak mudah panas. Kapur juga cenderung menyerap air serta gampang berlumut.

Lebih baik lagi apbila adukan campuran semen, kapur serta pasir diberikan tambahan bahan lagi, antara lain putih telur bebek. Manfaat dari putih telur ini adalah agar bau ruangan mirip dengan bau sarang burung seriti.

Dan untuk tinggi tembok sebaiknya paling minimal 3 meter. Ini bertujuan supaya suhu ruangan tidak mudah meningkat dan burung sriti akan menjadi leluasa pada saat terbang.

Lingkungan Rumah Sriti

Untuk budidaya burung sriti lebih baik berada pada dataran rendah dengan ketinggian maksimum 1000 m dpl.

Bisa juga pada tempat yang jauh dari jangkauan pengaruh kemajuan teknologi dan juga perkembangan masyarakat. Yang terpenting yaitu jauh dari gangguan burung-burung buas pemakan daging.

Cocok juga di daerah persawahan, padang rumput, hutan-hutan terbuka, pantai, danau. Atau di daerah dekat sungai, rawa-rawa. Itu semua merupakan daerah yang paling tepat.

Pemilihan Telur

Dalam budidaya burung sriti anda bisa memilih telur burung sriti yang berkualitas baik. Bisa anda terawang terlebih dulu. Ciri telur yang baik harus terlihat segar dan harus ada dalam mesin tetas.

Telur tetas yang baik punya kantung udara yang relatif kecil. Posisi kuning telur harus terdapat ditengah & tidak bergerak-gerak, serta tidak ada bintik darah. Menentukan kualitas telur di atas dilakukan dengan peneropongan.

Pemeliharaan Anakan Sriti

Pemeliharaan Anakan Burung Sriti
Pemeliharaan Anakan Burung Sriti

Anak burung Sriti yang baru keluar dari telur tidak berbulu dan begitu lemah. Anak Sriti yang belum bisa makan sendiri harus disuapi dengan kroto segar tiga kali sehari.

Selama 2–3 hari anak Sriti ini masih butuh pemanasan yang stabil. Saat berumur 10 hari saat bulu-bulu telah tumbuh anak sriti dipindahkan pada kotak khusus.

Sesudah berumur 43 hari, anak-anak sriti yang telah siap terbang dibawa pada gedung pada malam hari, lalu ditaruh dalam rak untuk pelepasan.

Makanan Burung Sriti

Burung sriti merupakan burung liar yang mencari makan sendiri. Makanannya adalah serangga-serangga kecil.

Guna memperoleh sarang sriti yang memuaskan, pengelola rumah sriti harus menyiapkan makanan tambahan khususnya untuk musim kemarau.

Beberapa cara untuk mengasilkan serangga yaitu dengan menanam tanaman dengan tumpang sari. Atau budidaya serangga antara lain kutu gaplek & nyamuk. Bisa juga anda membuat kolam dipekarangan rumah sriti.

Jauhkan Dari Hewan Pemangsa

Hewan tikus memakan telur sriti, anak burung sriti dan juga sarangnya. Tikus membuat suara gaduh dan juga kotoran serta air kencingnya bisa membuat suhu yang tidak nyaman.

Cara mencegah tikus degan menutup semua lubang, tidak menimbun barang bekas dan juga kayu-kayu yang akan dipakai untuk sarang tikus.

Jauhkan juga dari semut. Semut api akan memakan anak sriti dan juga mengganggu burung sriti yang bertelur.

Langkah menghilangkannya dengan memberi umpan supaya semut-semut yang ada di luar sarang mengerumuninya. Kemudian semut disiram menggunakan air panas.

Tinggalkan Komentar