Cara Mudah Beternak Burung Cucak Hijau Agar Sukses

Burung cucak hijau merupakan salah satu burung kicau yang banyak digandrungi oleh para pecinta burung kicau. Cucak ijo punya warna elegan sesuai dengan namanya dan suaranya juga begitu khas.

Untuk burung cucak ijo tidak hanya bagus sebagai burung peliharaan di rumah saja, ataupun sebagai burung lomba. Namun, banyak penangkar cucak ijo yang berpendapat jika cucak ijo prospek ke depannya cukup bagus.

Jadi begitu tepat untuk diternak atau dibudidayakan. Cucak ijo termasuk cukup sulit dalam masalah pemeliharaan dan untuk harganya yang terbilang cukup mahal.

Namun tidak masalah untuk para pecinta cucak ijo yang menggemari keunikan yang ada pada cucak ijo. Terlebih lagi semakin banyaknya peminat cucak ijo di pasaran, maka tentunya akan sangat menguntungkan bila ditangkar kemudian dijual.

Beternak Burung Cucak Hijau

Beternak Burung Cucak Hijau
Beternak Burung Cucak Hijau

Sifat petarung dari burung cucak hijau seakan menambah garang dari burung kicauan yang hijau ini. Sebab penggemar cucak hijau yang begitu banyak, maka selain memeliharanya untuk koleksi dan lomba, cucak hijau juga memiliki prospek yang bagus jika dikembangbiakkan/diternakkan.

Selain cara beternak burung cucak hijau yang tergolong tidak sulit, harga jual burung ini juga cukup tinggi. Sehingga anda bisa memelihara burung cucak hijau anda pun juga bisa menernaknya.

Dari hobi memelihara maka juga bisa menghasilkan uang yang lumayan. Akan tetapi dalam beternak burung cucak hijau anda harus benar-benar telaten, sabar, konsisten, dan mau belajar.

Memilih Indukan Cucak Ijo Yang Tepat

Pertama kalinya dalam beternak burung cucak hijau anda harus mencari dan memilih indukan cucak ijo yang bagus dan berkualitas.

Karena indukan cucak ijo yang bagus tentu nantinya akan mampu menghasilkan keturunan atau anakan yang bagus juga.

Tips Penjodohan Cucak Ijo

Penjodohan Cucak Ijo
Penjodohan Cucak Ijo

Untuk proses penjodohan ini pada umumnya dirasa cukup sulit, apalagi bagi anda yang masih pemula, maka tentu harus tahu tips-tipsnya.

Diantaranya yaitu, masing-masing cucak ijo jantan dan betina, taruh di dalam sangkar yang berbeda. Selanjutnya dekatkan antar kandang, jangan campur terlebih dahulu.

Tunggu samai tampak ada reaksi kedua cucak ijo tersebut. Jika telah terlihat akur dan cocok maka selanjutnya bisa anda campur jadi satu.

Pakan Harian

Pakan termasuk suatu kebutuhan pokok yang paling penting untuk beternak burung cucak hijau. Dengan memberikan pakan yang berkualitas, pastinya akan menjadikan cucak ijo menjadi sehat selalu, merasa senang, bahkan dapat menjadikannya semakin gacor.

Adapun jenis pakan yang dapat anda berikan ada bermacam-macam. Antara lain yaitu berupa voer, serangga, cacing, sayur-sayuran, buah-buahan, dan lain sebagainya.

Perawatan Pada Masa Pengeraman

Pada masa pengeraman ini lebh baiknya taruh cucak ijo pada lingkungan yang kondisional. yang dimaksud lingkungan kondisional yaitu lingkungan yang tenang dan nyaman, jauh dari ganguan binatang.

Selain itu juga jauh dari lalu lalang kendaraan maupun manusia. Umumnya proses pengeraman ini paling lama sekitar 2 minggu.

Dan dalam kondisi ini jangan berikan pakan EF yang dapat menjadikannya lebih agresif, sehingga tidak bagus untuk hasilnya nanti.

Perawatan Pada Saat Indukan Sudah Waktunya Meloloh Anakannya

Jika usia anakan sudah mencapai kurang lebih sekitar 5 sampai 10 hari, maka boleh untuk diambil atau disapih dan diloloh oleh sang pemilik atau anda sendiri.

Jika anakan usia sudah mencapai 15 hari ke atas, maka sudah bisa juga diberikan pakan berupa jangkrik. Dengan pemberian makanan ini bisa untuk mendukung anakan agar cepat tumbuh dewasa dan lebih terjaga kesehatannya.

Tinggalkan Komentar