7 Beo Paling Terkenal di Dunia, Siapa Saja Mereka?

Tak diragukan lagi, beo adalah salah satu burung paling digemari kicau mania di seluruh dunia. Beo mampu menirukan suara manusia dan memiliki banyak jenis. Menurut National Geographic, beo meliputi seluruh ordo Psittaciformes yang terdiri dari sedikitnya 350 jenis beo. Dari banyak jenis itu, inilah beo paling terkenal dan digemari pencinta burung di dunia!

7. Beo Macaw

Beo Macaw – pixabay.com

Beo Macaw memiliki ekor panjang dan bulu berwarna-warni. Rata-rata Macaw berukuran besar dan dapat hidup sampai enam puluh tahun. Macaw memiliki suara keras dan memiliki kemampuan bicara yang cukup bagus, tetapi beo ini biasanya dipelihara hanya untuk dilihat karena penampilannya yang sangat menawan.

Macaw Hyacinth adalah beo terbang terbesar dan berwarna biru. Ukuran badan Hyacinth dapat mencapai satu meter. Sedangkan Macaw Blue and Gold adalah beo yang sangat dikagumi karena keindahan bulu biru dan emasnya.

6. Beo Lovebird

Lovebird – pixabay.com

Burung cinta yang cukup dikenal di Indonesia ini merupakan jenis beo berukuran kecil dan berbulu berwarna-warni. Beo ini diberi nama Lovebird karena sangat setia kepada pasangannya. Burung ini biasa hidup dalam kelompok. Kicauannya terdengar seperti orang yang sedang terkekek sehingga menyenangkan untuk didengar.

5. Beo Eclectus

Beo Eclectus – pixabay.com

Di peringkat kelima ada beo Eclectus yang asal-usulnya dari Indonesia, tepatnya dari Maluku. Yang menarik dari beo ini adalah adanya perbedaan mencolok antara jantan dan betina. Eclectus jantan biasanya berwarna hijau seperti batu zamrud, sedangkan betina berwarna merah cerah atau keunguan. Eclectus dapat berbicara dengan baik dan memiliki suara keras.

4. Beo Conure

Beo Conure – pixabay.com

Jenis beo paling terkenal keempat adalah Conure, dikenal juga dengan nama parakeet atau parkit. Parkit merupakan beo berukuran sedang dan berekor panjang. Burung ini memiliki beragam warna, apalagi jika burung bersangkutan telah melalui proses mutasi warna dalam penangkaran.

Tak diragukan lagi, beo adalah salah satu burung paling digemari kicau mania di seluruh dunia. Beo mampu menirukan suara manusia dan memiliki banyak jenis. Menurut National Geographic, beo meliputi seluruh ordo Psittaciformes yang terdiri dari sedikitnya 350 jenis beo. Dari banyak jenis itu, inilah beo paling terkenal dan digemari pencinta burung di dunia!

Parkit mudah ditemukan di Indonesia dan sering dipelihara untuk didengar kicauannya. Parkit yang terlatih bahkan bisa diikutkan dalam berbagai kontes kecantikan dan kegesitan parkit di Indonesia.

3. Beo Budgerigar/Budgie

Beo Budgerigar -pixabay.com

Budgerigar memiliki tubuh kecil dan ekor panjang. Di Indonesia, burung ini lebih dikenal dengan nama kasturi. Ada tiga jenis kasturi yang ada di Indonesia, yaitu: kasturi kepala hitam, kasturi ternate, dan kasturi tengkuk ungu. Dari ketiga jenis tersebut, hanya dua yang boleh dibeli dan dipelihara, karena kasturi tengkuk ungu merupakan hewan yang dilindungi.

2. Beo Amazon

Beo Amazon – pixabay.com

Seperti namanya, beo Amazon berasal dari daerah hutan hujan Amazon dan sekitarnya. Warna bulu beo ini sebagian besar adalah hijau. Burung ini sering dijadikan peliharaan karena mudah akrab dengan manusia. Di internet, banyak diunggah video tentang beo Amazon yang mencoba menirukan suara manusia. Salah satunya adalah seekor beo Amazon yang mencoba menirukan Rihanna saat bernyanyi dalam lagu Eminem yang berjudul The Monster.

1. Beo African-Grey

Beo African-Grey – pixabay.com

Peringkat pertama beo paling terkenal di dunia ditempati oleh African-Grey. Warnanya memang tidak semenarik beo lain, tetapi African-Grey adalah pembicara paling ulung. Ia dapat berbicara ratusan kata dan kosakata, serta memahami artinya.

Lebih hebat lagi, African-Grey dapat mengenali warna, bentuk, angka, dan ukuran. Seekor African-Grey yang terlatih benar-benar bisa diajak bicara seperti anak-anak. Ia bisa bertanya dan menjawab pertanyaan, seperti yang pernah dilakukan Alex Parrot sebelum kematiannya pada tahun 2007. Dengan kemampuannya yang luar biasa, tidak mengherankan kalau African-Grey adalah beo paling terkenal di dunia.

Menarik sekali, bukan?

Tinggalkan Komentar