Cara Memilih Bakalan Burung Beo dan Tips Menjinakkannya

Burung beo yang terkenal sangat pandai bicara sekarang ini semakin digemari. Selain itu juga banyak dicari oleh penggemar pemula yang tertarik untuk memeliharanya sesudah mengamati sendiri bagaimana kepandaian burung ini bisa bicara.

Burung beo merupakan spesies burung yang merupakan dalam keluarga jalak-jalakan (Sturnidae). Seperti yang kita ketahui jika spesies burung dalam kelompok ini baik jantan serta betina sama-sama dapat berkicau.

Bahkan untuk saat ini ada anggapan jika burung beo yang pintar bicara merupakan burung yang jenis kelaminnya jantan.

Akan tetapi sebetulnya burung beo betina pun juga dapat dilatih bicara. Bahkan bisa dikatakan memiliki kepandaian yang lebih dari pada burung jantan. Beo pasti identik dengan burung yang dapat menirukan suara seperti jalak suren.

Memilih Bakalan Burung Beo

Bakalan Burung Beo
Bakalan Burung Beo

Satu hal yang begitu menentukan dalam memilih bakalan burung beo yang benar-benar dapat dilatih yakni usia dari burung beo tersebut.

Pilihlah burung beo yang usia masih sangat muda. Memilih bakalan burung beo yang gampang dilatih untuk menirukan berbagai macam suara serta dapat bicara.

Pastinya tetap harus memilih burung beo yang usianya masih sangat muda. Sebab membeli bakalan beo yang telah berusia dewasa akan menyulitkan juga dalam melatihnya.

Tak hanya itu, pada saat membeli burung beo yang masih muda, perhatikan juga pada bentuk jawer serta bulu–bulu yang ada di sekitar mata dan kepalanya.

Bakalan burung beo punya bentuk jawer yang belum tumbuh sempurna. Kemudian bulu-bulu yang ada pada sekitar mata dan kepalanya juga masih begitu jarang.

Berikut ini adalah point yang harus Anda perhatikan pada saat memilih burung beo yang masih muda dan mempunyai bakat untuk dilatih menjadi burung beo yang cerdas.

  • Burung masih punya gelambir/jengger yang masih pendek.
  • Mempunyai bentuk kepala yang cepak dengan bulu-bulu pada atas bagian kepala yang masih jarang.
  • Iris mata yang berwarna yang gelap.
  • Memiliki bentuk tubuh yang lebih besar.
  • Bagian Paruh yang punya warna kuning, tidak sedikit penggemar burung yang suka dengan burung beo dengan paruh warna kuning.

Sebab dianggap sebagai burung yang lebih pintar serta bisa cepat bicara jika dibandingkan dengan burung beo dengan paruh yang warnanya oranye.

Cara Menjinakkan Bakalan Beo Liar

Cara Menjinakkan Burung Beo
Cara Menjinakkan Burung Beo

Beo termasuk salah satu anggota keluarga dari jalak-jalakan (Sturnidae). Sehingga untuk menjinakkannya dapat dilakukan dengan memandikannya sampai basah kuyup.

Memandikan burung beo dapat lakukan dengan berbagai macam cara. Termasuk dengan mandi sambil dipegang, disemprotkan dengan sprayer, ataupun dihujan-hujankan.

Akan tetapi cara yang efektif adalah memandikannya dengan cara dipegang. Dengan begitu, kita dapat berinteraksi langsung dengan burung.

Seperti mengusap-ngusap bulu di bagian leher, jawer, kepala, serta dadanya dengan air. Lakukanlah sembari berkata-kata atau mengucapkan sesuatu untuk menenangkannya.

Selain dengan memandikan, cara lain yang dapat dilakukan untuk menjinakkan beo yaitu menggantang sangkarnya pada posisi yang tidak terlalu tinggi.

Yaitu di bawah batas kepala kita. Contohnya dengan digantang pada luar ruangan dengan ketinggian yang rata dengan pundak manusia.

Bisa juga di dalam ruangan dengan meletakkan sangkarnya pada atas meja. Dengan seperti ini, burung akan menjadi terbiasa dengan aktivitas manusia yang ada di dalam rumah.

Guna memperoleh burung beo yang mudah dilatih, hal yang paling mendasar yaitu menanamkan kepercayaan burung pada manusia yang merawat dan juga melatihnya. Dengan pelatihan yang rutin dan baik maka anakan burung beo besarnya bisa jadi gacor.

Tinggalkan Komentar