Cara Mengatasi Anis Merah Susah Ngeplong

Mengatasi anis merah susah ngeplong diperlukan adanya perhatian dan kesabaran bagi para pemiliknya. Burung anis merah atau biasa disebut dengan punglor merah merupakan salah satu jenis burung kicau yang cukup banyak digemari.

Keindahan burung anis merah secara umum ialah memiliki keindahan suara kicauan yang cukup memukau. Dengan gaya yang cukup elegan serta warna yang cukup mempesona.

Akan tetapi, dibalik pesona anis merah tersebut, para penggemarnya terkadang sering mengalami kegagalan dalam membuat burung anis merah ngeplong.

cara mengatasi anis merah susah ngeplong
hobiburung.org

Cara Mengatasi Anis Merah Susah Ngeplong

Hingga saat ini burung anis merah sering dianggap sebagai burung yang gampang bimbang serta terlalu emosional. Apabila kita melakukan kesalahan dalam perawatannya, maka burung tersebut akan diam serta sulit berkicau. Oleh karena itu, dibutuhkan adanya alternatif perawatan anis merah supaya cepat ngeplong.

Solusi Mengatasi Burung Anis Merah Susah Ngeplong

Burung anis merah susah ngeplong dapat disebabkan adanya perawatan yang kurang tepat. Apabila anda telah melakukan perawatan dengan baik, akan tetapi burung tersebut tetap tidak mau ngeplong, maka diperlukan sesuatu hal yang kreatif agar dapat membuat burung anis merah bisa ngeplong.

Hal ini dikarenakan masing-masing burung anis merah memiliki karakter yang berbeda-beda. Oleh karena itu, pola perawatan kita pun hendaknya disesuaikan dengan karakter burung tersebut. Dalam membuta burung anis merah ngeplong, diperlukan adanya kreatifitas untuk memperoleh formula yang tepat.

anis merah susah ngeplong
jalaksuren.net

Di bawah ini beberapa cara mengatasi burung anis merah susah ngeplong:

1. Perhatikan Pakan Harian

Dalam hal perawatan harian pada burung anis merah, anda perlu memperhatikan voer serta EF apakah sudah mencukupi. Kemungkinan EF yang diberikan kurang tepat atau tidak cukup.

Untuk mengatasi burung anis merah yang susah ngeplong, anda dapat menambah porsi EF atau memberikan EF yang bervariasi.

Selain itu juga, anda dapat memberikan pakan tambahan yang berupa larva serangga, jangkrik, cacing tanah atau UH. Untuk buah, anda dapat memberikan sawo, pepaya, pisang kepok, dan lain sebagainya.

2. Gunakan Burung Anis Merah untuk Pancingan

Bagi anda yang memiliki anis merah jantan yang susah ngeplong, anda dapat memancing birahinya dengan mendatangkan burung anis merah betina.

Apabila anis merah jantan berada di dekat anis merah betina, maka burung tersebut akan menunjukkan kebolehannya dengan cara berkicau dan bergaya.

Apabila anda tidak memiliki anis merah betina, anda dapat menggunakan anis merah jantan yang sudah gacor untuk digunakan sebagai pemancing.

Yang perlu anda hindari jangan sampai keduanya saling melihat karena hal tersebut akan membuat down mental burung anis merah anda.

3. Lingkungan Yang Aman dan Nyaman

Burung anis merah merupakan salah satu jenis burung yang membutuhkan adanya suasana yang nyaman. Oleh karena itu, anda perlu memperhatikan lingkungan sekitar anis merah anda.

Salah satu faktor susahnya anis merah ngeplong dikarenakan lingkungan atau suasana yang kurang kondusif. Caranya anda dapat memindahkan burung tersebut pada sangkar yang baru atau dengan digantang pada lokasi yang baru.

Selain itu juga, anda dapat memberikan terapi pengembunan supaya anis merah cepat ngeplong. Dengan menerapkan beberapa cara ini, dijamin burung anis merah yang anda miliki tak akan kesulitan ngeplong lagi.

Dengan mengetahui cara mengatasi anis merah susah ngeplong di atas, semoga dapat menjadi solusi tepat bagi anda untuk mengatasi burung anis merah yang anda miliki agar mudah ngeplong.