Manfaat Memelihara Burung yang Perlu Anda Ketahui

Burung merupakan salah satu hewan peliharaan yang digemari manusia, dari dahulu hingga saat ini. Rata-rata pecinta hewan lucu dan bersayap ini ialah para pria, baik yang masih muda hingga kakek-kakek. Kenapa mereka suka memelihara burung?

Alasannya beragam dan jika Anda penasaran silakan tanyakan langsung pada para pecinta burung atau penjual burung yang Anda kenal. Bisa saja itu karena hobi atau sekadar mencari hiburan disela aktivitas harian yang padat. Ada keseruan dan pelajaran tersendiri ketika kita memelihara dan bercengkrama dengan burung kesayangan.

Misalnya seperti belajar sabar dan hati-hati dalam melatih burung, agar tumbuh maksimal sesuai kemampuannya. Selain itu, tahukah Anda bahwa banyak sekali manfaat positif yang didapat seseorang yang memelihara burung. Manfaat yang sudah terbukti secara ilmiah dan dirasakan oleh sebagian besar pecinta burung.

Jadi, jangan remehkan hobi memelihara burung di rumah. Ini karena burung peliharaan membawa sejumlah dampak positif seperti :

Burung Bisa Menghilangkan Depresi

Burung Bisa Menghilangkan Depresi
Burung Bisa Menghilangkan Depresi

Setelah seharian lelah beraktivitas, burung peliharaan di rumah bisa menjadi penghibur yang meredakan stres maupun depresi. Kicauan burung bisa memberikan efek relaksasi sejenak dan membuat hati lebih damai.

Suara burung yang khas dan unik seolah membawa pemilik dan penghuni rumah seperti berada di alam terbuka. Media relaksasi yang tepat, hemat waktu, dan hemat biaya, karena pemilik biasanya hanya menghabiskan waktu sejenak dengan bercengkrama dengan burung kesayangan di rumah.

Suara Burung Dapat Menciptakan Energi Baru

Suara Burung Dapat Menciptakan Energi Baru
Suara Burung Dapat Menciptakan Energi Baru

Layaknya berlibur ke alam terbuka, kicauan burung memberikan nuansa segar dan menenangkan. Nuansa yang bisa kembali mengisi energi manusia untuk memulai aktivitas selanjutnya.

Memelihara burung juga bisa memotivasi pemiliknya untuk bekerja lebih giat. Alasannya karena ada energi baru yang selalu terisi setiap melihat dan mendengar suara burung. Selain itu, untuk merawat burung kesayangan sebaik mungkin tentu butuh biaya dan hal ini bisa jadi semangat tersendiri dalam bekerja.

Menjaga Kesehatan Mata

Menjaga Kesehatan Mata
Menjaga Kesehatan Mata

Burung peliharaan sangat senang bergerak kesana-kemari, walaupun ia berada di dalam sangkar. Beberapa orang meyakini bahwa melihat gerak-gerik burung ini bisa membantu menjaga kesehatan mata manusia.

Dengan melihat gerak-gerik burung, mata akan ikut dilatih untuk bergerak mengikuti pergerakan burung. Secara tidak langsung, itu sama saja dengan kita melakukan senam mata. Sebuah kebiasaan yang bisa diibaratkan terapi alternatif, agar mata terjaga kesehatannya.

Mempertajam Keterampilan Motorik

Mempertajam Keterampilan Motorik
Mempertajam Keterampilan Motorik

Tahukah Anda, menurut sebuah penelitian disaat kita memberi makan burung ternyata mempuyai manfaat yang positif bagi diri kita sendiri. Apa manfaatnya? Ketika manusia memberi makan burung, itu sama saja dengan melatih keterampilan motorik diri.

Bagi para lansia, memelihara burung bisa menjadi terapi untuk melatih jari-jari yang kaku. Kehadiran burung peliharaan pun bisa mengusir kesepian, memberikan hiburan, menjadi teman, dan terapi kesehatan sekaligus. Menarik bukan?

Penjaga Rumah Dari Orang Yang Berniat Jahat

Penjaga Rumah Dari Orang Yang Berniat Jahat
Penjaga Rumah Dari Orang Yang Berniat Jahat

Burung-burung yang pintar dan bisa berbicara bisa menjadi salah satu penjaga rumah yang baik. Mereka akan berkicau keras sekali sebagai bentuk peringatan, bila mengetahui ada orang-orang yang berniat jahat. Namun, ini hanya berlaku pada burung-burung tertentu yang memang sudah dilatih.

Selain yang disebutkan sebenarnya masih banyak manfaat positif yang didapat dari memelihara burung. Misalnya seperti dijadikan bisnis sampingan, mengikuti lomba-lomba berhadiah seputar burung, dan sebagainya.

Untuk itu sebaiknya jangan sepelekan orang-orang yang hobi memelihara burung. Setiap hobi tentu memiliki manfaat tersendiri, termasuk memelihara burung di rumah. Bagaimana, sudah mantap untuk memelihara burung di rumah?

Tinggalkan Komentar