5 Burung Kicau Favorit

Sudah sejak lama burung-burung jenis pengicau populer di Indonesia. Kicauan merdu burung-burung jenis ini selalu membuat pemiliknya terlena. Kicau merdu burung-burung ini tidak hanya untuk dinikmati sendiri saja oleh pemiliknya. Mereka juga sering diikutsertakan ke dalam berbagai kontes perlombaan.

Harga burung kicau bisa menembus angka yang fantastis, tergantung dari berapa banyak perlombaan yang dimenangkan. Semakin banyak penghargaan dan piala yang diraih, tentu semakin mahal harga jual yang ditawarkan. Meskipun mahal, tetapi masih banyak kicau mania yang tetap berminat untuk mengoleksi berbagai jenis burung kicau terbaik.

Di Indonesia sendiri, ada beberapa jenis burung pengicau favorit yang banyak dipelihara oleh penghobi burung. Di bawah ini adalah 5 jenis burung kicau favorit yang sering dipelihara oleh orang-orang di Indonesia.

Kacer

Bentuk Paruh Kacer
Bentuk Paruh Kacer – Wikimedia.org

Dikenal dengan nama Kucica Kampung, atau yang dalam Bahasa Inggris disebut Oriental Magpie-Robin, Kacer merupakan burung kicau favorit yang sering diburu oleh para penghobi.

Burung kacer adalah jenis burung yang paling sering dilombakan. Kicauannya yang nyaring dan merdu membuat setiap orang terpesona. Corak warnanya yang sederhana, terdiri dari warna hitam dan putih, semakin memberikan kesan elegan.

Kenari

Kenari
Kenari – Pixabay.com

Burung kenari saat ini memang menjadi burung kicau yang banyak dipelihara oleh kicau mania. Perawatannya yang mudah menjadikan burung ini paling banyak diminati di pasaran. Burung ini juga dikenal sangat lincah, apalagi jika diberikan pakan yang tepat. Burung kenari juga sangat mudah untuk dikembangbiakan.

Murai Batu

Kepala Murai Batu
Kepala Murai Batu – Mediaronggolawe.com

Dengan tampilan yang cantik, murai batu menjadi primadona di kalangan para penghobi burung kicau. Meskipun berbadan kecil, corak warna dari murai batu bisa dibilang anggun. Bukan hanya penampilannya yang cantik, tetapi suara kicauannya yang juga sangat merdu.

Cucak Rowo

Cucak Rowo
Cucak Rowo – Binatangpeliharaan.org

Dengan kicauan merdu dan seperti menggema, cucak rowo juga memiliki banyak peminat. Karena keunikan suaranya, burung ini dihargai cukup mahal. Karena tampilannya yang kurang menarik, cucak rowo sering dianggap remeh. Padahal, sekali dia berkicau, semua orang akan terpesona ketika mendengarkannya.

Anis Merah

Anis Merah
Anis Merah – Bintang.com

Selain kacer, burung anis merah juga sering dilombakan. Tidak kalah dengan kacer, suara kicau anis merah juga sangat merdu. Keunikan burung ini memang terdapat pada suara kicaunnya yang seperti suara orang mabuk yang sedang berbicara. Bunyi cir yang keluar dari paruh burung ini juga sangatlah khas. Tidak heran jika anis merah juga menjadi salah satu burung favorit para kicau mania.

Selain lima jenis burung seperti di atas, masih ada puluhan burung kicau lainnya lagi yang menjadi favorit para penghobi burung di Indonesia.

Tinggalkan Komentar