Jalak Suren Jantan Suka Buang Telur



Jalak suren jantan suka membuang telur. Salah satu contoh diantara banyak permasalahan yang terjadi dalam proses penangkaran burung jalak suren.

Dibalik cerita kesuksesan atau keberhasilan dalam dunia penangkaran, entah penangkaran burung jalak suren, jalak bali, jalak putih, cucak rawa dan lain-lain pasti ada juga permasalahan yang terjadi selama proses penangkaran. Mungkin dalam waktu awal-awal mulai menangkarkan terjadi kebingungan karena tidak tahu cara untuk mengatasi masalah yang terjadi, karena masih awam. Seiring berjalannya waktu, bertambahnya pengalaman dan saling tanya jawab diantara sesama penangkar bertambah pula pengetahuan seorang penangkar dalam mengatasi atau mengantisipasi untuk permasalahan yang timbul.

Makanya ada yang bilang jika tidak punya ilmu dalam penangkaran tapi ada minat, mending langsung terjun dulu, nanti sambil berjalan maka sedikit demi sedikit ilmupun datang sendiri entah dari pengalaman atau teman sesama penangkar yang duluan telah menekuninya.

Lanjut, jika jalak suren jantan suka buang telur atau mengobrak-abrik sarang waktu dalam proses pengeraman, salah satu solusinya adalah dengan dipisahkan. Ambil pejantan dari kandang lalu ditaruh dalam sangkar, tapi tetap didekatkan sama betinanya. Jika pintu kandang utama cukup lebar untuk memasukkan sangkar, maka sangkar bisa ditaruh dalam kandang. Jika tidak muat karena dulunya bikin pintu utama cuma kecil, sangkar bisa ditaruh diluar dekat kandang. Contoh seperti yang tampak pada gambar foto diatas.

Demikian, singkat saja Mas Broo. Jika suka artikelnya jangan lupa +1 :-) & salam kicau. Dan untuk harga burung klik disini Daftar Harga Burung Terbaru.

2 komentar:

  1. Selamat siang mas Agus.
    Saya punya sepasang jalak bali yg baru pertama kali bertelur, tetapi telurnya di buang entah oleh induk yg mana, kira2 kenapa ya mas? Dan bagaimana solusinya?
    Terima kasih

    BalasHapus
  2. kalau untuk yang pertama kali buang telur menurut aku sama saja dengan burung lain gan, masalah adaptasi, di tunggu sampai 3 atau 4 kali proses bertelur gan, klo masih belum mapan nanti baru di atasi ... nanti sebabnya banyak gan ... di pantau saja tingkah lakunya gan, biar bisa tahu nanti sebab nya .. jadi untuk solusinya bisa di terapkan

    BalasHapus