Prediksi Jitu ! Membedakan Jalak Suren Jantan atau Betina

Sudah pasti dan tidak terbantahkan lagi kalau jalak suren yang sudah bertelur adalah betina dan yang muncul tanda biru disekeliling dubur adalah jantan jenis kelaminnya.

Dan yang ini sudah jelas jadi tidak usah di bahas lagi, kalau dibahas bisa-bisa nanti berujung pada pertanyaan, "Burung sama telur duluan mana ?". Terus lanjut ke lainnya, "Ayam sama telur duluan mana ?". Lebih parah lagi jika pertanyaan "Burung sama telur duluan mana ?" dijawab dengan "Burung sama telur keluarnya jelas bareng !" wkwkwk..... wis nyleneh ra genah mengko mbanda'an !

Lanjut !

Jadi sebelum burung jalak suren Mas Broo muncul tanda lingkaran biru atau bertelur menurut saya, untuk masalah mengetahui jenis kelaminnya hanya berdasar tebakan saja.

Sekarang, jika dua kejadian tersebut (bertelur/ muncul tanda biru) belum terjadi pada burung jalak suren Mas Broo, apakah Mas Broo berani memastikan jenis kelamin untuk burung yang Mas Broo punya ? Kalau saya terus terang tidak bisa memastikan untuk seratus persennya atau mutak positip tepat. Jadi sekarang intinya, bagaimana supaya tebakannya jitu mendekati 100%.

Jika masih binggung arah artikel ini, intinya saya cuma mau berbagi pengalaman dalam memprediksi jenis kelamin burung jalak suren. Nanti ditulis dipaling bawah disertai perkiraan persentasenya. Tapi itu hanya sebatas dari pengalaman saya saja.

Lanjut lagi ! Supaya prediksi mendekati 100% caranya ya Mas Broo harus mengenal dulu burung jalak suren.

Nalarnya gini, ini contohnya soal suara orang saja yang gampang.

Jika Mas Broo mendengar suara orang ngobrol tapi tidak melihat orangnya, pasti dalam hati Mas Broo bertanya, "Siapa itu yang lagi pada ngobrol ?". Kalau Mas Broo sudah familier atau mengenal orangnya pasti Mas Broo dengan gampang dan mantab hati menebak, "Oooo... Si Pak Eko lagi ngobrol sama Pak RT". Karena sudah kenal orangnya, jadi Mas Broo berani memastikan bahwa itu suara Si Pak Eko meskipun belum melihat orangnya yang lagi ngobrol. Kira-kira berapa persentase ketepatan tebakan Mas Broo untuk situasi begini ? Tentunya lalu dengan memastikannya, Mas Broo terus mendatangi suara orang ngobrol tersebut. Jadi bisa diketahui seberapa persen ketepatan felling Mas Broo.

Beda lagi jika Mas Broo belum familier atau kenal suaranya, pasti persentase ketepatan tebakan jauh dari 100%. Apalagi jika belum kenal atau sama sekali belum pernah melihat orangnya. Maka tebakan semakin jauh dari angka 100%.

Jadi agar ketepatan menebaknya jitu, tajam, ya kenali dulu burung jalak surennya Mas Broo. Dan untuk memastikan ketepatannya beda dengan cerita diatas. Jika cerita diatas untuk memastikan tebakan adalah dengan medatangi asal suara orang ngobrol. Di sini untuk memastikannya adalah dengan cara menunggu sampai dua kejadian "bertelur atau tanda biru" muncul.

Sudah ada gambarannya to Mas Broo ?

Sekarang saya share ciri-ciri fisik untuk membedakan dan memprediksi burung jalak suren jantan atau betina. Tapi sebatas pengalaman saja, tentunya sudah teruji dan dipakai buat keseharian saya dalam ngutek-utek manuk jalak suren.

Jalak Suren Jantan
- kepala besar 90%
- body / tubuh panjang 90%

Jalak Suren Betina
- kepala kecil 90%
- body pendek / tampak agak bulat 90%

Cuma dua itu saja yang baru saya pakai, nanti coba di uji dulu buat ciri-ciri yang lain. Jika masih awam dan tidak tahu definisi panjang pendek, makanya seperti ulasan diatas. Kenali dulu burung jalak suren Mas Broo. Sesekali jika ada waktu, pergi ke teman atau pasar burung, untuk sekedar melihat burung jalak suren. Dengan tujuan untuk bisa membanding-bandingkan keadaan fisiknya dengan jalak suren yang dipunya dirumah.

Jika sudah kenal dan terbiasa, saya jamin sekali lihat langsung bisa kebaca. Ini tidak ada bedanya dengan burung merpati, jika awam ya susah. Tapi kalau sudah terbiasa, dengan sekali meliihat kepalanya saja, sudah berani memastikan dengan ketepatan 90% bahkan 100%.

Sekian dulu Mas Broo & jangan lupa ? +1 heeee..... Dan untuk harga burung klik disini Daftar Harga Burung Terbaru.

6 komentar:

  1. setuju....

    BalasHapus
  2. Malam mas Agus,
    Kalau membedakan jantan betina untuk jalak bali yg sudah dewasa ciri- cirinya seperti apa mas?
    Apakah sama seperti jalak suren dengan lingkaran biru di duburnya?
    Terima kasih

    BalasHapus
  3. Untuk Jalak Putih apakah sama cara membedakan jantan/betina, yaitu ada lingkaran biru di anusnya. Thanks.

    BalasHapus
  4. ya sama, cuma tanda biru beda saja

    BalasHapus

Silahkan hubungi kami di 085640543891 atau 7423cbf0 untuk kontak langsung dan respon yang lebih cepat.