Contoh Konstruksi Kandang Penangkaran Untuk Ternak Burung Jalak Suren

Ingin membuat kandang untuk ternak burung jalak suren ? Tapi tidak tahu atau belum pernah melihat bagaimana model dan bentuk dari konstruksinya ?

Pada dasarnya kandang untuk ternak burung jalak suren sama seperti kandang untuk ternak burung murai batu, cucak rawa maupun kacer. Tapi jika ada yang belum tahu, bisa di lihat keterangan berikut mungkin bisa di jadikan gambaran awal.

Contoh, di ambil dari kandang punya bapak ? he he ....

Ini ! Satu-satu, peretelan-peretelan, potongan-potongan atau bagian-bagiannya. Komplit dari bawah sampai atas, luar sampai dalam.



1. Dasaran atau Lantai

jalak suren

Dasaran terbuat dari tanah biasa. Alternatif yang lain bisa memakai pasir atau sejenisnya, atau bisa juga di tutup memakai plesteran pc. Kalau pakai plesteran dan di bikin lantai, kandang mudah untuk di bersihkan. Tentunya di bikin tambahan saluran khusus untuk membuang kotorannya, misal selokan kecil. Nanti tinggal di siram pakai air, jadi kotorannya langsung bersih.


2. Alas Penyangga Rangka Kandang

jalak suren

Di buat dari pasangan batu bata biar awet. Tujuannya memakai alas rangka adalah supaya bagian rangka paling bawah awet. Kalau tidak di beri alas kadang lembap atau basah kena air, jadi cepat keropos. Alternatif lain ? Bisa di modifikasi sendiri.


3. Pembatas Utama Kandang

jalak suren

Pembatas utama atau sekeliling, memakai kawat strimin. Rangka dari kayu diameter campuran, ada yang 2x3 3x3 dan 3x4 cm. Pelipit atau penjepitnya memakai bilah bambu. Alternatif lain ? Sesuaikan dana ? Di toko material bahan komplit.


4. Pembatas Antar Kandang

jalak suren

Jika kandang lebih dari satu dan konstruksinya di buat berderet, sebaiknya di beri pembatas. Yang fungsi utamanya untuk membatasi pandangan burung di kandang yang satu dengan burung di kandang sebelahnya.

Kalau burung baru jodoh bisa hancur ? Kalau indukan sedang mengeram bisa terganggu oleh burung sebelah, ujung-ujungnya telor tidak menetas.

Bahan dari karpet talang atau karpet genting dan eternit. Alternatif lain ? Bisa di modifikasi sendiri.


5. Lebar dan Tinggi Kandang

jalak suren  jalak suren

Lebar campuran, ada yang 100x100 100x120 100x150 cm. Tinggi rata-rata sama, yaitu 2 meter.

Tips ! ?/¿
- Makin luas makin baik, makin tinggi makin baik. Burung ruang geraknya luas.
- Kalau tempat minim, lebar sesuaikan tempat. Sebisa mungkin minimal ukuran 80x80 cm.
- Tinggi sesuaikan tempat. Tapi sebaiknya kalau ruang longgar, maksimal tinggi di buat setinggi jangkauan tangan. Agar tidak kesulitan jika suatu saat ada keperluan untuk menangkap burung. Entah pindah kandang, di jual atau yang lainnya.


6. Ukuran Pintu Utama dan Pintu Makanan

jalak suren  jalak suren

Pintu utama rata-rata berukuran 40x50 dan 50x70 cm. Pintu makanan sekitar 10x12 dan 10x15 cm. Alternatif ? Bisa di modifikasi.

Biasanya pintu utama di buka jika si pemilik mau masuk kandang dan menangkap burung. Yang lain adalah saat mengganti air tempat mandi dan minum burung. Posisi biasanya di bawah, pas di atas landasan rangka.

Pintu makanan cuma di buka saat mengganti atau memberi makanan saja. Letak biasanya setengah dari tinggi kandang dan terletak di bagian muka kandang.

Alternatif ? Bisa di modifikasi.


7. Tempat Makan, Minum dan Mandi

jalak suren  jalak suren

Untuk tempat makanan, minum dan mandi pilih sesuai selera saja. Di kios burung biasanya tersedia. Tempat minum dan mandi biasanya jadi satu dan di letakkan di dasar atau lantai kandang. Sebaiknya pilih yang bisa menampung air agak banyak, di gambar ukuran sekitar 25 cm untuk diameter dan tinggi sekitar 10 cm.


8. Tempat Bertengger

jalak suren

Tempat bertengger di buat dari potongan cabang pohon yang di kreasi sendiri. Alternatif lain ? Bahan dan letaknya bisa di modifikasi sendiri.


9. Ukuran Kotak dan Bahan Sarang

jalak suren  jalak suren

Ukuran kotak 20x40 cm, di dalam terbagi jadi dua ruang masing-masing ukuran 20x20 cm. Ruang bagian dalam tempat burung mengerami telur. Ruang kedua dekat pintu, tempat keluar masuk burung. Bahan dari papan kayu sengon atau randu, biasanya di konstruksi bangunan di gunakan sebagai papan cor. Di toko material biasanya jual. Alternatif ada ? Bisa di modifikasi sendiri.

Bahan sarang dari daun cemara jawa, yang sudah kering. Alternatif bisa memakai batang padi yang kering, bisa juga pakai limbah serbuk gergaji kayu atau sejenisnya.



Saya rasa sudah semuanya, sudah komplit. Bila ada yang kurang jelas atau yang terlewatkan ? Atau ada pertanyaan ? Bisa tinggalkan komentar di bawah. Nanti artikel bisa di edit dan di tambah atau di jawab langsung di bagian komentar.

Jika foto terlalu kecil, bisa di lihat foto ukuran aslinya di album foto picasaweb atau album foto di profil google+ dan klik disini untuk melihat versi videonya di youtube. Dan untuk harga burung klik disini, Daftar Harga Burung Terbaru.

22 komentar:

  1. Slamat malam mas,
    Kalau glodok untuk jalak bali bentuknya seperti apa mas? Apakah sama dengas Jalak suren.?
    Terima kasih

    BalasHapus
  2. model glodok macem2 om, tergantung selera saja ... yang penting masih bisa berfungsi sebagai tempat mengeram dan sirkulasi udara lancar ... di bikin sama dengan jalak suren juga tidak apa2 om, soalnya jalak bali tidak perlu perlakuan khusus, burungnya tidak

    BalasHapus
    Balasan
    1. terlalu merepotkan seperti burung cucak rawa atau murai, ukuran glodok minim bisa di bikin 40x40 atau lebih luas, model sama saja dalemnya dengan js ...

      Hapus
    2. bisa di cek di youtube saya om, di video berjudul penangkaran jalak bali, semua kandang tersebut hanya bekas kandang js, tapi mau produk juga, jadi tidak perlu di bikin mewah harus di tembok atau tertutup rapat, yang penting perawatan ..

      Hapus
  3. tanya mas
    apa sirkulasi udara juga berpengaruh
    sama kondisi lingkungan yang baik buat ternak jalak apa dipegunungan cocok ya?

    BalasHapus
  4. sirkulasi penting om, di atur jangan terlalu panas dalam ruangan kandang, klo soal lokasi menurutku sama saja, yang penting tadi udara dalam ruangan kandang tidak panas, pengaruhnya pada telur

    BalasHapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh penulis.

    BalasHapus
  6. numpang tanya mas
    apakan bisa jalak suren di ternakan di deket pinggir jalan,?


    atau memerluhkan tempat yang jauh dari keramaian.
    trimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. js di tempat ramai gak apa2, setahu aku yang membutuhkan tempat tenang cuma cucak dan murai, klo jalak mudah beradaptasi

      Hapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh penulis.

    BalasHapus
  8. om. bagaimana cara menangkap burung yang berada dikandang, kalau pakai tangan aja kan susah

    BalasHapus
    Balasan
    1. klo aku masuk kandang dan di tangkap pakai tangan, gak pernah pakai alat, kandang saya tinggi sekitar 200 cm, jadi tidak terlalu sulit / masih dalam jangkauan tangan

      Hapus
  9. i nyoman subrata spt21/1/14 20:23

    selamat malam mas mau tanya sayabelajar beternak jalak putih tidakmau kawin dan kemarin yg satu tidak mau nelur dalam sarangnya apa penyebab umur berapa jalak putih bisa dikawinkan?

    BalasHapus
  10. siap kawin rata2 umur 1 th ke atas, klo perawatan bagus paling cepet umur 7/8 bln

    tidak mau kawin bisa jenis kelamin sama, belum umur, belum birahi, birahi tidak sama dll, lebih sepesifik lagi om, burung posisi gimana ? usia, keadaan bulu dll

    tidak mau nelur dalam sarang, banyak sebabnya, sarang kotor, bau dll, letak sangkar kurang ke atas / kebawah, tidak nyaman dengan model / ukuran / letak sangkar, lebih spesifik lagi om !!!! kalau semua sudah standar, solusinya coba di pindah kandang dan tunggu reaksinya ...

    BalasHapus
  11. Saya mau buat kandang sayangnya lokasinya kanan kiri gedung tinggi sehingga matahari tidak bisa masuk. Solusinya kalau atapnya pakai mika plastik yg transparan, apa ini bagus mas....matahari bisa full masuk

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya om, pakai genting kaca atau atap fiber transparan bagus

      Hapus
  12. Selamat siang, saya mau tanya, cara membedakan Jalak jantan dan betina itu gimana ya? saya punya jalak suren umurnya +/- 5 bulan, nah yang 1 itu sukanya narikin bulu ekor yang satunya lagi sampai skg bulu ekornya yang biasa di tarikin itu sekarang hampir habis. . .

    Mohon pencerahannya :) Thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. buka saja halaman DAFTAR BACAAN di situ ada tulisan tentang membedakan jenis kelamin jalak suren, silahkan baca dan bila belum paham bisa telpon bos, 085 640 543 891, maaf jika di tulis panjaaaaaaaaaaaaaa ... ng

      Hapus
    2. Oh terima kasih banyak

      Hapus
  13. siang gan.kalo ternak parkit kira2 sama gag dg postingan di atas....

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf gan kurang tahu klo untuk parkit

      Hapus

Silahkan hubungi kami di 085640543891 atau 7423cbf0 untuk kontak langsung dan respon yang lebih cepat.