Ciri-Ciri Untuk Burung Jalak Suren Jantan dan 100% Positif Jantan



Di sini saya hanya akan menjelaskan salah satu dari sekian banyak ciri-ciri untuk burung jalak suren jantan.

Untuk ciri-ciri jalak suren jantan bisa di lihat dari suara kicauan, bentuk fisik maupun tingkah lakunya. Misalnya bodi burung jalak suren jantan bentuknya besar dan memanjang, tingkah lakunya lebih agresif bila di bandingkan dengan burung jalak suren betina. Dan masih banyak lagi untuk ciri-cirinya dan saya tidak akan membahasnya.

Soalnya ciri-ciri tersebut sifatnya relatif, tergantung siapa yang memberi definisi untuk masing-masing ciri-ciri tersebut.

Contohnya seperti di atas tadi, burung jalak suren jantan bodi besar dan lebih panjang daripada burung betina. Definisi atau kriteria panjang dan pendek menurut pandangan orang yang setiap harinya selalu melihat burung jalak suren, dibandingkan yang jarang melihat atau malah baru pertama kali melihat tentu beda.

Contoh lebih jelasnya lagi, ada seorang penghobi yang masih awam tentang burung jalak suren dan pergi ke pasar burung untuk membeli burung jalak suren jantan. Karena tidak bisa membedakan jantan betinanya, lalu orang tersebut menyuruh si pedagangnya untuk memilihkan yang jantan. Lalu oleh si pedagang di ambilnya itu burung yang jantan, karena penasaran dan rasa ingin tahu maka si pembeli tanya ?

Pembeli : "Ini burung bedanya gimana sama yang betina ?

Penjual : si penjual jawab " Ini bodinya lebih panjang " sambil menunjuk burung yang lain, lalu berkata "Itu yang di kandang hijau betina dan bodinya lebih pendek daripada burung yang ini"

Menurut saya, biarpun burung jantan dan betina tersebut diletakkan berdampingan oleh si pedagang, kalau pembelinya baru pertama kali melihat atau jarang, definisi panjang pendek, besar kecil tetap saja masih bingung, karena burung tampak sama.

Masih bersifat relatif karena tidak ada satuan ukuran pastinya. Contoh, panjang dan besar atau diameter dalam satuan baku "cm", lincah satuan kecepatan "m/s" he he .... dan lain-lain. Jadi hitungannya cuma feling atau perasaan saja. Dan tentunya tidak bisa mutlak tepat 100%, karena hanya berdasar tebakan feling ? dan kwalitas feling sendiri juga dipengaruhi oleh suasana hati si orangnya juga.

Sekarang untuk ciri-ciri yang pasti dan tidak berdasar tebakan, bisa di lihat oleh yang berpengalaman ataupun yang masih awam, anak kecil juga bisa melihat dan bisa membedakannya. Soalnya tandanya jelas dan berupa warna. Bila di sekitar kulit dubur ada tanda lingkaran warna gelap biru atau ungu, maka sudah bisa di pastikan kalau burung tersebut berjenis kelamin jantan. Biar lebih jelas melihat bisa di kasih sedikit air pada duburnya, nanti bulu-bulunya akan menyatu dan tidak mengembang. Jadi dasaran kulit jelas kelihatan warnanya. Untuk penampakan tanda biru bisa dilihat fotonya disini, klik saja !!

Tapi dengan catatan, burung sudah menginjak usia birahi atau sekurang-kurangnya berumur satu setengah tahun. Disini umur satu setengah tahun dibuat rata-rata. Soalnya usia birahi sendiri tidak ada patokannya. Contohnya kalau pada orang adalah "sifat dewasa", yang tidak ada patokan umurnya. Sifat dewasa tidak harus berusia tua tapi sebaliknya, kadang ada orang yang berumur belum genap dua puluh tahun tapi sifat kedewasaanya sudah matang.

Menurut pengalaman pribadi, pernah ada kejadian tanda biru muncul saat usia tujuh bulan. Hanya selang satu sampai dua bulan setelah selesai mabung. Jadi menurut saya tanda biru muncul paling cepat usia tujuh bulan.

Intinya tanda biru !!, kalau tanda biru sudah muncul maka ciri-ciri yang lain abaikan saja. Karena sudah jelas, tanda kejantanan sudah kelihatan. Ibarat tanda biru adalah ciri primer dan yang lain adalah ciri sekunder.

Dan untuk membuktikan tentang definisi panjang pendek besar kecil untuk pemula atau yang awam, bingung atau tidak, silahkan saja lihat videonya. Setelah melihat videonya silahkan saja tafsirkan sendiri difinisi tersebut. Video ada di youtube, tautannya klik disini. Dan untuk harga burung klik disini, Daftar Harga Burung Terbaru.

Kalau melihat burungnya secara langsung tentu beda dengan melihatnya di video, apalagi videonya belum HD alias bruwet he he ..... Jadi ini video hanya buat gambaran awalnya saja. Dan jangan lupa, jika suka artikelnya cukup +1 saja Mas Broo :-)

5 komentar :

  1. misi om, sya mau tanya kebetulan sya punya beberapa ekor jalak suren dan ada satu ekor jalak suren yg usianya masih 9 bln sya bingung membedakan jenis kelaminya kalau bentuk dan ukurannya nya sih mirip ke js betina bentuk tubuhnya kecil dan pendek, tapi warna di sekitar mata cenderung mirip ke jantan, untuk ciri yg lain di sekitar dubur blm ada tanda biru sedikitpun. Apakah js milik sya ini berjenis kelamin betina?
    Trim's

    BalasHapus
  2. 50:50 gan .. biar positip di tunggu sampai umur 18 bulan, kalau tidak sabar bisa di lakukan test dna sexing, biaya 350rb he he ..

    BalasHapus
  3. buat penguat prediksi ... kalau si om punya js yg sudah positip jantan betina .. amati perbedaan bentuk duburnya om .. bukan warna tapi bentuk nya .. lalu bandingkan dengan js yg 9 bln .. meskipun js betina yg sudah bertelur dengan yg belum bertelur bentuk duburnya beda .. tapi klo js betina yg belum bertelur sudah birahi nanti bentuknya mendekati .. klo bisa di pegang dan diraba biar tahu struktur modelnya .. untuk prediksi seperti ini bisa di terapkan untuk semua jenis burung .. tapi tetap masih 50:50

    BalasHapus
  4. Permisi om..mau tanya, apakah bisa yaa JS usia msih di bwah 1 thun bertelur???trimksh

    BalasHapus